AirAsia Hadirkan Ask Bo, Menjawab Cepat Kebutuhan Informasi Penumpang

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 10/Feb/2023 07:59 WIB
Peluncuran Ask Bo AirAsia Peluncuran Ask Bo AirAsia


SEPANG (BeritaTrans.com) - Capital A Berhad, induk perusahaan dari maskapai berbiaya hemat terkemuka di Asia, AirAsia menegaskan kembali komitmennya untuk komunikasi yang transparan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik untuk semua penumpangnya.

Ini sebagai bagian dari visi untuk menjadi merek yang paling komunikatif, responsif, dan dapat menjawab pertanyaan di bidangnya.

Baca Juga:
Indonesia AirAsia Terbangi Denpasar ke Phuket dan Kora Kinabalu

Dipimpin oleh CEO Tony Fernandes dan CEO AirAsia Aviation Group Bo Lingam, Capital A menyelenggarakan konferensi pers untuk mengucapkan selamat tinggal kepada AirAsia Virtual Allstar AVA yang telah menjadi tujuan panggilan pertama untuk menanggapi permintaan dan keluhan tamu sejak awal diluncurkan pada tahun 2019.

Selanjutnya menyambut 'Ask Bo' yang telah meningkatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan kemampuan pembelajaran mesinnya (Machine Learning/ML).

Baca Juga:
Hore, Indonesia AirAsia Kembali Bagi-Bagi Kursi Gratis

“Tamu-tamu kami telah berbicara, dan kami mendengarkan dan belajar. Kami merasakan rasa frustrasi mereka terhadap AI chatbot pertama kami - AVA yang selalu dalam proses. Kami menyadari dia tidak memenuhi harapan orang-orang dan kami ingin melakukan yang lebih baik. Kami berterima kasih kepada AVA atas pencapaiannya dalam menangani lebih dari 113 juta tamu sejak 2019, dan menangani lebih dari 43 juta pertanyaan di tahun 2020 saat puncak pandemi Covid-19," jelas Tony, Kamis (9/2/2023).

Mengingat ukuran maskapai AirAsia, dengan ribuan pengembalian uang dan permintaan perubahan penerbangan, manusia saja tidak dapat mengatasinya, pihaknya juga harus menggunakan teknologi. 

Baca Juga:
Indonesia AirAsia Bersiap Luncurkan Rute Bali ke Cairns, Australia

Lalu belajar melalui AVA bagaimana menggunakan kecerdasan buatan untuk menjawab pertanyaan yang kompleks dan cukup besar dengan lebih baik dan lebih cepat. 

"Selama delapan bulan terakhir, tim customer experience kami telah memusatkan perhatian pada apa yang dibutuhkan dan diinginkan tamu kami, apa keluhan utama mereka, dan hari ini kami dengan senang hati memperkenalkan Ask Bo, yang kami namai dengan nama CEO Grup maskapai penerbangan kami, Bo Lingam. Selama 21 tahun terakhir Bo sudah bersama dengan saya dan dia adalah orang yang tepat untuk menjawab semua pertanyaan mengenai Grup maskapai kami," urainya.

Bo Lingam, CEO Grup AirAsia Aviation Group mengatakan, senang mencantumkan nama dan wajahnya untuk versi terbaru dan yang telah disempurnakan dari layanan pramutamu pelanggan, yang menjanjikan untuk lebih proaktif dan penuh perhatian. 

"Tarif yang lebih rendah tidak berarti kualitas layanan yang lebih rendah dan sangat penting bagi kami agar tamu merasa diperhatikan saat mereka memilih untuk terbang bersama kami, demi tarif terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik. Saya bertanggungjawab penuh atas Ask Bo. Ask Bo akan membuat perjalanan tamu lebih mudah, lebih sederhana, dan lebih informatif," bebernya.

Kesavan Sivanandam, Chief Airport and Customer Experience Officer, AirAsia Aviation Group menambahkan, banyak fitur baru dan menarik yang ditambahkan ke Ask Bo, yang akan dapat memberikan informasi terkini langsung tentang status penerbangan (penundaan, keberangkatan) dan/atau perubahan dan informasi boarding, dalam lebih banyak bahasa termasuk bahasa Inggris, Cina, Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Thailand, Jepang, Korea, dan Vietnam. 

"Dia akan mengirimkan push notification pada setiap perubahan menit terakhir pada hari operasi, dan memberikan informasi bagasi (pelacakan, arrival belt, laporan bagasi yang salah penanganan) dan melaporkan pembaruan waktu keberangkatan secara otomatis secara real-time ke dalam Boarding Pass elektronik untuk kenyamanan tamu kami. Tamu kami akan memiliki lebih banyak kewenangan untuk dapat mengubah penerbangan, meminta pengembalian uang, memilih opsi Pemulihan layanan," bebernya.

Mulai Maret, tamu juga akan dapat berbicara langsung dengan agennya, pada saat berinteraksi dengan Ask Bo. 

Pihakny akan terus berinovasi untuk memastikan standar layanan pelanggan menjadi yang tertinggi dalam segala hal yang kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan tamu dengan sebaik-baiknya.

Agar lebih terbuka dan transparan, Capital A akan mengungkapkan informasi langsung tentang Kinerja Tepat Waktu, serta informasi penanganan bagasi di situs webnya dan pada Aplikasi Super App. 

Hal ini juga termasuk janji untuk terus meninjau feedback tamu dari berbagai perspektif di seluruh Grup, mendukung kolaborasi lintas departemen dan mengadopsi program customer experience (CX) ke dalam entitas bisnis yang berbeda, sambil memastikan bahwa para pemimpin memberikan dukungan penuh mereka dalam keberhasilan implementasi inisiatif peningkatan CX. (omy)