Ketua Komisi V DPR Apresiasi Kesuksesan Angkutan Nataru

  • Oleh : Naomy

Rabu, 15/Feb/2023 18:05 WIB
Raker Komisi V DPR dan Kementerian/Lembaga Raker Komisi V DPR dan Kementerian/Lembaga


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ketua Komisi V DPR Lasarus menyampaikan apresiasi kepada mitra Komisi V yaitu Kemenhub, KemenPUPR, Polri, BMKG, Basarnas, atas kesuksesan penyelenggaraan dan penanganan arus mudik dan balik Angkutan Nataru yang aman, lancar, sehat, dan terkendali.
 
"Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan di masa Angkutan Nataru berikutnya dan juga dalam menghadapi Angkutan Lebaran di bulan Maret – April 2023 nanti," tuturnya di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Di antaranya yaitu meminta Kemenhub dan Kementerian PUPR mempercepat penyelesaian penanganan lintas pantai selatan Jawa (Pansela) untuk memecah kepadatan lalu lintas kendaraan. 

Baca Juga:
Komisi V Nilai Persiapan sudah Matang, Pelabuhan Merak Siap Hadapi Puncak Arus Mudik Lebaran

Kemenhub agar meningkatkan pengawasan dan pengendalian kenaikan harga tiket di semua moda menjelang libur hari raya.
 
"Kami juga minta BMKG dan Basarnas untuk meningkatkan diseminasi peringatan dini kepada masyarakat terhadap potensi terjadinya bencana akibat cuaca ekstrim dan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam penanganan bencana," ungkap dia. 

Meminta Korlantas Polri untuk meningkatkan pengawasan dan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam penerapan larangan dan penegakkan hukum terhadap kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) yang melintas di jalan umum. 
 
Serta, meminta kepada pemerintah segera menyelesaikan persoalan angkutan khusus termasuk angkutan pertambangan batu bara, yang menggunakan jalan umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan. (omy)
 

Baca Juga:
Komisi V DPR Tinjau Pelabuhan Merak dan Puji Layanan Semakin Baik dengan Tiket Online Ferizy