Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi Pastikan Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 18/Feb/2023 13:44 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Kertajati telah memenuhi persyaratan standar pelayanan penerbangan haji setelah dilakukan peninjauan oleh Tim General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 15 Februari 2023. 

Kesiapan Bandara Kertajati menjadi bandara embarkasi haji ini melalui pemenuhan standar aspek keamanan dan keselamatan penerbangan, aspek pelayanan serta aspek lainnya seperti pelayanan keimigrasian, kepabeanan dan kekarantinaan (Custom, Imigration and Quarantine/CIQ).

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

“Tim GACA telah melakukan peninjauan kesiapan layanan Bandara Kertajati untuk penerbangan haji, dan sejumlah persyaratan yang diminta telah memenuhi standar. Selanjutnya GACA akan mengirimkan surat clearance kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub sebagai bukti hasil peninjauan dan pengamatan langsung ke Bandara Kertajati,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Setelah Kementerian Perhubungan menerima surat clearance, dapat dipastikan musim haji tahun 2023 ini masyarakat Jawa Barat bisa berangkat haji melalui Bandara Kertajati. 

Baca Juga:
Bandara Kertajati Terus Upaya Penambahan Rute Penerbangan

“Tentunya akan menjadi suatu kebanggaan bagi calon jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya dapat berangkat melalui Bandara Kertajati, karena dapat menghemat waktu dan tidak perlu jauh-jauh menempuh jalur darat ke Bandara Soekarno Hatta,” ucapnya. 

Kehadiran Tim GACA yang didamping Atase Republik Indonesia di Jeddah disambut oleh perwakilan dari direktorat teknis Ditjen Perhubungan Udara, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), PT Angkasa Pura II, beserta perwakilan instansi yang membidangi CIQ, pemerintah daerah dan instansi yang membidangi pelaksanaan ibadah Haji, untuk melakukan pengecekan dan melihat langsung kesiapan fasilitas di bandara sehingga aspek pelayanan telah terpenuhi. 

Baca Juga:
Menhub Tinjau Bandara Internasional Jawa Barat, Persiapan Angkutan Lebaran

Kristi juga menuturkan, pelaksanaan haji dalam waktu dekat ini dapat berjalan dengan baik dengan sesuai prosedur dan dukungan juga dari berbagai pihak.

“Saya minta semua stakeholder penerbangan yang terlibat dalam persiapan penerbangan haji menjalankan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditetapkan, sehingga penyelenggaraan penerbangan haji yang tinggal beberapa bulan dapat terselenggara dengan baik," tuturnya. (fhm/omy)