INSA Bareng STIP Jakarta dan PIP Semarang Gelar Maritime Job Fair

  • Oleh : Naomy

Kamis, 23/Feb/2023 12:14 WIB
Ketua INSA dan Menhub menyambangi booth Ketua INSA dan Menhub menyambangi booth

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners’ Association (DPP INSA) bersama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar Maritime Job Fair 2023 sekaligus peresmian Perpustakaan Digital Bidang Pelayaran (E-Library).

Baca Juga:
Forum ASA Shipping Dialogue Bahas Pentingnya Kolaborasi Pelayaran Regional

Acara yang digelar di STIP Jakarta bertujuan memfasilitasi kebutuhan perusahaan pelayaran akan tenaga kerja profesional dan berinteraksi langsung dengan stakeholder bidang pendidikan kemaritiman terkait informasi kerja, perekrutan, kampus, sekolah dan lain-lain. 

Adapun Maritime Job Fair 2023 ini terdiri dari beberapa rangkai kegiatan, seperti pameran, talkshow dan launching Perpustakaan Digital Bidang Pelayaran (E-Library).

Baca Juga:
INSA Jaya Bersama Bea Cukai Tanjung Priok Gelar Pelatihan Teknologi CEISA 4.0

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan kegiatan pencarian kerja bidang pelayaran itu di gedung STIP Jakarta, Kamis (23/2/2023).

"Sumber daya manusia (SDM) merupakan suatu kekuatan dari daya saing kita di dunia transportasi tak terkecuali dalam pelayaran," tutur Menhub.

Baca Juga:
Dalam Rapat Umum Anggota, Ketua Umum DPP INSA Ajak Semua Pihak Bergandengan Tangan Menuju Indonesia Maju

Maritime Job Fair menurutnya kolaborasi yang baik dan menjadi langkah untuk menuju SDM unggul.
Ketua INSA Carmelita Hartoto mengatakan, ini bagian dari perhatian industri pelayaran terhadap dunia kerja pelaut dan terkait.

"Hard skill dan soft skill harus dapat seimbang dalam memasuki dunia kerja," ungkapnya.

Menurutnya, ini juga menjadi gerbang bagi para pencari kerja untuk berkarir di industri maritim. 

Serta menciptakan sinergi antara kebutuhan para pencari kerja dengan perusahaan sehingga memeroleh SDM terbaik guna menjawab tantangan zaman.

“Semoga di ajang ini, para perusahaan pelayaran mendapatkan akses SDM yang berkualitas, terampil, dan siap untuk bekerja. Begitu juga sebaliknya, pencari kerja bisa berkesempatan berkarir untuk mengembangkan potensi dirinya,” urainya.

Dalam kesempatan itu hadir Kepala BPSDMP Djoko Sasono, Kepala STIP Jakarta Capt. Sudiono, dan insan maritim. (omy)