Tambah Frekuensi, Wings Air Layani 94 Penerbangan Per Minggu di Maluku Utara

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 25/Feb/2023 13:03 WIB
Pesawat Wings Air. (Ist) Pesawat Wings Air. (Ist)

TERNATE (BeritaTrans.com) - Maskapai Wings Air melakukan pengembangan jaringan atau rute penerbangan di provinsi kepulauan, salah satunya di Maluku Utara.  

Wings Air berfokus pada penerbangan kecil dan menengah di Indonesia, terus menyesuaikan layanan penerbangan berdasarkan permintaan pasar.

"Frekuensi terbang mencapai 94 kali perminggu melayani rute-rute penerbangan Wings Air ke Pulau Ternate, Bacan – Labuha, Morotai, Kao - Tobelo, Weda Bay, Buli – Maba Halmahera Timur semakin mudah dan cepat membuat para wisatawan lebih tertarik untuk berkunjung ke Maluku Utara," ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dikutip dari keterangannya, Sabtu (25/2/2023).

Penerbangan yang dioperasikan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600, tepat sesuai infrastruktur bandar udara. 

Pesawat berkapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi, konfigurasi atau tata letak 2-2 sangat penting dalam menghubungkan daerah-daerah hingga setingkat kecamatan dan kabupaten. Hal ini memungkinkan masyarakat, pebisnis dan wisatawan di wilayah-wilayah tersebut dapat terhubung ke kota-kota besar di Indonesia dan memperluas akses mereka ke sumber daya dan kesempatan baru.

Jaringan Wings Air di Maluku Utara mencapai 94 frekuensi terbang perminggu pergi pulang (PP).

  • Tujuan Bandara Sultan Babullah, Ternate (TTE), dari Morotai (1x setiap Senin, Rabu, Jumat); Ambon (1x setiap hari); Labuha (1x setiap Senin, Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu); Manado (3x sehari)
  • Tujuan Bandara Leo Wattimena, Morotai (OTI), dari Ternate (1x setiap Senin, Rabu, Jumat)
  • Tujuan Bandara Oesman Sadik, Labuha, Halmahera Selatan (LAH), dari Ternate (1x setiap Senin, Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu)
  • Tujuan Bandara Kuabang, Kao, Tobelo, Halmahera Utara (KAZ), dari Manado (1x setiap Selasa, Kamis, Sabtu)
  • Tujuan Bandara Weda Bay, Halmahera Tengah (WDB), charter dari Manado (1x setiap hari)

"Wings Air juga akan segera terbang tujuan Bandara Buli berlokasi di Desa Pekaulang, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur (PGQ). Rencana dua kali seminggu," kata Danang.

Perluasan rute serta ketersediaan aksesibilitas lebih baik ke tujuan wisata seperti pulau-pulau indah di Maluku Utara, Wings Air dapat membantu meningkatkan jumlah wisatawan akan berkunjung seiring gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan Bangga Buatan Indonesia (BBI), sehingga berdampak positif pada perekonomian lokal.

Keuntungan dari penerbangan Wings Air terkoneksi rute Batik Air Internasional, Maluku Utara bisa menuju Singapura dan Kuala Lumpur dengan memilih salah satu bandar udara transit di Jakarta, Surabaya atau Makassar.
 
Perlu diketahui, Maluku Utara merupakan provinsi paling bahagia di Indonesia berdasarkan survei Indeks Kebahagiaan Masyarakat (IKM) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021.  

Provinsi ini berhasil melaksanakan program pembangunan secara baik, terutama di sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, membuat masyarakat di Maluku Utara merasa nyaman dan terlayani baik. 

Keindahan alam Maluku Utara begitu mempesona. Alhasil, masyarakat setempat merasa bahagia dan bangga menggunakan identitas budaya, lingkungan hidup serta mempertahankan keragaman agama untuk saling menghargai.

Solidaritas social masyarakat di Maluku Utara identik kebiasaan saling membantu dan bersatu dalam mengatasi masalah. Inilah faktor utama memberikan rasa kebahagiaan dan kesejahteraan bersama.(fhm)