Bandara Raja Sisingamangaraja XII masih Ramai Ketibaan Penumpang di Sela Sesi Balap Kopiko F1 Powerboat Danau Toba

  • Oleh : Naomy

Minggu, 26/Feb/2023 13:16 WIB
Suasana di Bandara Raja Sisingamangaraja XII Suasana di Bandara Raja Sisingamangaraja XII

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kopiko F1 Powerboat di Danau Toba memasuki sesi balap pada hari ini (26/2/2023).

Balapan akan digelar dua kali dalam satu hari, di mana hal ini sekaligus menjadi sejarah baru dalam penyelenggaraan F1 Powerboat. 

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Pada hari balapan ini (race day), kedatangan wisatawan terus berdatangan melalui Bandara Raja Sisingamangaraja XII untuk kemudian menuju venue di Danau Toba.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kontestan menyampaikan F1 Powerboat di Danau Toba adalah salah satu yang terbaik.

Baca Juga:
Hari ini Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

"Alhamdulillah, ini bukan kerja sendiri melainkan kolaborasi BUMN dengan berbagai pihak," ujar Menteri BUMN.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebutkan, seluruh stakeholder di Bandara Raja Sisingamangaraja XII bersinergi  memastikan kelancaran penerbangan pada race day ini.

Baca Juga:
Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

"Wisatawan yang ingin menonton langsung F1 Powerboat masih terus berdatangan pagi tadi di Bandara Raja Sisingamangaraja XII. untuk menyaksikan sesi balap siang dan sore nanti," jelas Awaluddin.

Pada hari ini, Presiden Joko Widodo juga akan tiba di Bandara Raja Sisingamangaraja XII. Presiden kemudian dijadwalkan bertolak ke venue F1 Powerboat di Danau Toba.

Keluarga Kerajaan Uni Emirat Arab juga telah tiba di Bandara Raja Sisingamangaraja XII untuk menonton langsung sesi balap Kopiko F1 Powerboat. Sejumlah wisman dari negara lain juga tiba pada hari ini.

Awaluddin menuturkan, seluruh aspek sudah dipersiapkan stakeholder di Bandara Sisingamangaraja XII untuk mengakomodir kedatangan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.

F1 Powerboat di Danau Toba menjadi magnet mendatangkan wisatawan, pergerakan penumpang pesawat terus meningkat di bandara.

"AP II berterima kasih atas dukungan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/Satgas Penanganan Covid-19, maskapai, ground handling, TNI/Polri, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi dan stakeholder lainnya sehingga Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat memberikan pelayanan terbaik guna mendukung F1 Powerboat di Danau Toba," ujar Awaluddin.

Director of Operation AP II Muhamad Wasid menambahkan, Bandara Sisingamangaraja XII telah menjalankan rencana operasi guna memastikan kelancaran penerbangan.

"Fokus kami memastikan pergerakan pesawat di sisi udara selalu berjalan baik, termasuk memastikan ketersediaan parkir pesawat," ujar Wasid.

Adapaun Bandara Raja Sisingamangaraja XII saat ini telah memiliki operasional, infrastruktur dan fasilitas yang baik untuk mendukung penyelenggaraan event global seperti Kopiko F1 Powerboat.

Fasilitas sisi udara mencakup runway berdimensi 2.640 x 45 meter yang dapat mengakomodir hingga Boeing 737-800 NG atau Airbus A320. 

"Sementara parking stand dapat mengakomodir enam  pesawat berbadan sedang (narrow body). Berkat dukungan seluruh pihak, Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat menyambut dengan baik kedatangan delegasi dan wisatawan untuk hadir pada F1 Powerboat," tutupnya. (omy)