Jumlah Penumpang KA Bandara Soekarno-Hatta Capai 120 Ribu Per Bulan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 04/Mar/2023 14:17 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Operator kereta Bandara Soekarno-Hatta ialah KAI Commuter yang sebelumnya diurus oleh PT Railing atau KAI Bandara. 

Penandatanganan dokumen Akta Jual Beli dan Dokumen Peralihan operator pelayanan operasional kereta Bandara Sorkarno-Hatta dilakukan pada tanggal 30 Desember 2022 lalu.

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Sejak dua bulan terakhir jumlah penumpang KA Bandara Soekarno-Hatta pada Januari: 120.070 orang atau rata-rata 3.873 orang sedangkan pada Februari berjumlah 114.116 orang atau rata-rata 4.076 orang naik 6%.

Vice Presindent Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelasakan, operasional peralihan operator saat ini masih dalam masa transisi.

Baca Juga:
Lebih 1.2 Juta Tiket Kereta Api Angkutan Mudik Lebaran Terjual, Tanggal 6 April Paling Laku

"KAI Bandara dan KAI Commuter terus melakukan rekonsiliasi atas aset yang akan diserah terimakan, proses ini dilakukan secara bertahap hingga sampai berakhirnya masa peralihan yang diperkirakan pada akhir Maret 2023," terang Anne, Sabtu (4/3/2023).

Dikatakan, peralihan operator kereta bandara Soekarno-Hatta dari KAI Bandara ke KAI Commuter ini adalah untuk mempermudah konektivitas dan integrasi antar moda khususnya perpindahan penumpang yang akan menggunakan kereta bandara. 

Baca Juga:
Momen Libur Panjang, Penumpang Kereta Whoosh Meningkat hingga 20 Persen

"Penumpang dapat langsung mengakses stasiun-stasiun yang sudah terintergtasi antara kereta bandara dengan commuterline seperti Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper," kata Anne.

Jumlah perjalanan kereta bandara saat ini sebanyak 40 perjalanan dengan jam operasional dari pukul 05.07 WIB sampai dengan pukul 20.49 WIB. (Fhm)