KKB Papua Tembaki Bandara Bilorai di Intan Jaya Saat Pesawat Kargo Tiba

  • Oleh : Dirham

Rabu, 08/Mar/2023 13:33 WIB
Pesawat mendarat di Banda Bilorai Intan Jaya Papua. Pesawat mendarat di Banda Bilorai Intan Jaya Papua.

INTAN JAYA (BeritaTrans.com) - Aparat gabungan TNI-Polri kembali menerima gangguan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di sekitaran Sungai Bawah Bandara Bilorai, Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo membenarkan adanya hal tersebut.

Ignatius menyampaikan, gangguan tersebut berawal pada pukul 07:55 WIT saat Pesawat Smart Aviation PK-SNG bermuatan kargo tiba di Bandara Billorai, Kabupaten Intan Jaya dari Kabupaten Mimika.

“Sementara giat bongkar barang Cargo oleh Porter, kemudian terdengar bunyi tembakan sebanyak lima kali sehingga masyarakat sekitar dengan cepat berlindung ke Pos Pol Bandara untuk berlindung,” tutur Ignatius kepada wartawan, Rabu (8/3/2023).

Menurut dia, pukul 08.20 WIT juga terdapat Pesawat Daby Air akan mendarat di Bandara Billorai, namun akhirnya diarahkan untuk kembali ke Nabire lantaran situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan akibat gangguan tersebut.

Aparat gabungan TNI-Polri yang telah bergeser ke Pos Pasopati J2 pun kembali mendapat gangguan tembakan sebanyak tiga kali, yang kemudian dibalas sebagai tembakan perlindungan.

Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri menambahkan, hingga saat ini aparat gabungan melakukan kontak tembak dengan KKB.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Penanggung Jawab Bandara Billorai untuk menghentikan aktivitas penerbangan di bandara tersebut, jika situasi tidak kunjung membaik.

“Diduga ini adalah ulah Kelompok Kriminal Bersenjata Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Apen Kobogau yang bersama dengan Apertinus Kobogau. Kami juga menduga Kelompok tersebut ingin menganggu aktifitas Bandara namun hal ini akan kami telusuri lebih lanjut,” kata Afrizal. (ds/sumber Liputan6.com)