Pembebesan Lahan Jalan Tol Padang-Sicincin Tinggal Sedikit Lagi, Bisa Dilewati Pemudik Lebaran 2023?

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 09/Mar/2023 08:01 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

PADANG (BeritaTrans.com) - Progres pekerjaan ruas jalan tol Pekanbaru-Padang Seksi Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km, konstruksinya sudah mencapai 32,11 persen. Sedangkan lahan yang sudah dibebaskan mencapai 84,58 persen. Melihat progres ini, dipastikan pada mudik lebaran tahun ini jalan tol tersebut belum dapat digunakan masyarakat.

Sebab, menurut Kementrian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). jalan tol Padang-Sicincin ditargetkan selesai konstruksinya oleh PT Hutama Karya pada tahun 2024 untuk selanjutnya dapat beroperasi dan digunakan masyarakat.

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan tersambung dari Provinsi Lampung hingga Aceh untuk mendukung kelancaran konektivitas bagi masyarakat di Pulau Sumatera.

Terkait progres jalan Tol Padang-Sicincin, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit melakukan kunjungan lapangan mengecek pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Padang-Sicincin, pada akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Dalam peninjauan itu, terungkap bahwa hingga saat ini untuk Seksi Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km, konstruksinya sudah mencapai 32,11 persen. Sedangkan lahan yang sudah dibebaskan mencapai 84,58 persen. Menurutnya, jalan tol ini ditargetkan selesai konstruksinya oleh PT Hutama Karya pada tahun 2024 untuk selanjutnya dapat beroperasi dan digunakan masyarakat.

“Saat ini kita berada di salah satu ruas Trans Sumatera tepatnya ruas Padang-Sicincin. Sepanjang 4 km sudah selesai konstruksi sehingga selanjutnya dapat diselesaikan oleh PT Hutama Karya (Persero) untuk melanjutkan sampai ke Km 36,” ujar Danang.

Baca Juga:
Sebanyak 16 Ruas Tol Trans Sumatera Ditargetkan Rampung Akhir 2024

Dikatakan Danang, saat ini kegiatan di lapangan berjalan aktif, terutama untuk kesiapan lahan dan selanjutnya terus dilanjutkan konstruksi. Pembangunan ruas tol ini juga harus terlaksana dengan baik dan menghasilkan kualitas prima sehingga dapat segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan, harapan kita pada periode Mudik Lebaran 2024 mendatang jalan tol ini dapat dimanfaatkan masyarakat secara fungsional,” kata Danang.

Danang juga menegaskan, pertama selama pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin ini para pekerja terus fokus terhadap kualitas yang menjadi prioritas utama. Kemudian yang kedua adalah memperhatikan nilai estetika dengan landscaping yang bagus.

“Kemudian yang ketiga yakni sesuai arahan bapak Menteri PUPR adalah harus tetap menjaga dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan sekitarnya,” tegas Danang.

Kehadiran Jalan Tol Padang-Sicincin memiliki manfaat untuk mempermudah akses kendaraan dari dan menuju Sumatera Barat didukung dengan beragam destinasi wisata yang menarik baik budaya maupun pesona alamnya.

Selain itu, katanya, jalan tol ini akan semakin memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa antar wilayah dalam meningkatkan perekonomian di Provinsi Sumatera Barat serta banyak membuka lapangan kerja baru.

“Jalan Tol Padang-Sicincin juga akan mengurai kemacetan lalu lintas kendaraan pada jalan non tol yang juga kerap terjadi pada saat hari libur maupun mudik lebaran maupun Nataru berlangsung,” ungkapnya. (Fhm/sumber:padek.jawapos)