Raindo United Services, Maskapai Kargo Berbasis Digital Pertama di Indonesia

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 09/Mar/2023 16:12 WIB
Armada Raindo United Services Boeing 737-800BCF. Armada Raindo United Services Boeing 737-800BCF.

Jakarta (Beritatrans.com)  – Raindo United Services (RUS) merupakan salah satu maskapai penyedia layanan jasa kargo udara berbasis digital terbaru di Tanah Air.

Berdiri sejak 4 Juni 2022 di bawah naungan PT Rusky Aero Indonesia, RUS menciptakan ekosistem logistik udara melalui kolaborasi serta kemitraan yang mengedepankan pengalaman, finansial, dan jaringan yang mumpuni.

Adapun pendirian RUS diprakarsai oleh sosok-sosok yang berpengalaman di bidang bisnis kargo dan penerbangan, yakni Benny Rustanto, Muhammad Surya, Dodi Abdul Kadir, Bambang Sujatmiko, Kapten Yudhi Fadjari, Febiantori, dan Hans Nugroho. Pendiri RUS Benny Rustanto mengatakan,

RUS didirikan sebagai solusi terhadap hambatan logistik udara yang panjang dan berbelit. .

Pasalnya, hambatan ini kerap menyebabkan kerugian materiel dan imateriel kepada berbagai pihak, baik dari sisi produsen maupun konsumen.

“Oleh karena itu, kami sangat bangga karena dapat mengukir tinta emas melalui RUS sebagai maskapai angkutan udara berjadwal berbasis startup dengan sistem logistik yang terintegrasi melalui keunggulan teknologi digital,” ujar Benny dalam siaran pers, Rabu (9/3/2023).

Pendirian RUS sendiri, kata Benny, dimulai dengan investasi awal sebesar 100 juta dollar AS. Dana ini dioptimalkan perusahaan untuk memberikan pengalaman pengiriman barang yang mudah, cepat, dan tepat kepada pelaku usaha Indonesia.

Perusahaan tersebut pun mengedepankan nilai adaptive, agile, partnership, dan collaborative dalam melayani masyarakat.

Hal ini juga didukung oleh kompetensi sumber daya manusia (SDM) pilihan yang berpengalaman sehingga menjadi fondasi kuat dalam menempatkan layanan lini bisnis kargo RUS di pasar Indonesia, bahkan Asia.

“Kami berharap, layanan terintegrasi yang kami hadirkan dapat memberi dampak (positif) yang signifikan bagi industri di Tanah Air, termasuk sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19,” ujar Benny.

Ekosistem logistik yang ramah untuk UMKM

Dok. Raindo United Services Jajaran Founder dan Co-Founder Raindo United Services.

Benny mengatakan, pihaknya menyadari bahwa sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kerap menemui kendala dalam pengiriman kargo. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari tarif logistik yang tinggi, pengiriman yang tidak efisien, hingga keterbatasan akses saluran distribusi.

Oleh karena itu, RUS berupaya memaksimalkan potensi UMKM dengan menciptakan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang, baik secara internasional maupun lokal. Dengan demikian, para pelaku UMKM bisa terus berkembang dan bersaing, bahkan di kancah global.

RUS sendiri telah mendapatkan Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal Kargo Luar dan Dalam Negeri per Selasa (13/12/2022).

Maskapai ini direncanakan melakukan penerbangan perdana pada Juli 2023 untuk rute domestik dan internasional. Adapun rute domestik meliputi Jakarta, Medan, Balikpapan, Makassar, dan Surabaya.

Sementara itu, rute internasional akan mengudara ke Singapura, Hong Kong, dan Guangzhou.

“Ketersediaan layanan RUS pada kota-kota tersebut dapat mendukung dan meningkatkan sektor logistik antarpulau dan antarnegara melalui konektivitas logistik udara secara digital,” jelas Benny.

Untuk memastikan keseluruhan operasional dan administrasi berjalan dengan baik, lanjutnya, RUS juga melibatkan berbagai mitra strategis terkait, seperti pemerintahan, perusahaan penyedia bahan bakar, konsultan keuangan dan valuasi big four, serta penyedia jasa ground handling.

RUS juga bekerja sama dengan perusahaan lessor nomor satu di dunia dalam menghadirkan dua armada Boeing Converted Freighter (BCF) 737-800 yang memiliki kapasitas angkut hingga 23 ton.

“Kedua pesawat tersebut telah dilengkapi sistem kargo termutakhir.Sebut saja, fasilitas unit loading device (ULD) dan tangki oksigen,” tutur Benny.

Selain itu, sambungnya, terdapat pula mesin pendingin untuk memastikan keamanan seluruh komoditas kargo yang meliputi perishable product, general cargo, marine product, dangerous goods, dan live animals.

Semua komoditas dipastikan dapat terkirim dengan sempurna hingga tujuan akhir.

Tak hanya itu, sebagai layanan kargo one-top solution, pengirim dan penerima barang dapat melacak kiriman secara real-time melalui aplikasi Raindo App yang tersedia di AppStore dan PlayStore.

RUS juga memperkuat layanan dengan menggandeng mitra insurance technology (insurtech) untuk melindungi semua jenis komoditas.

Dengan demikian, pengiriman dipastikan dapat berjalan efektif dan efisien.

“Kami berharap, kehadiran RUS bisa menjadi katalisator yang dapat mendukung perkembangan sektor industri UMKM di Indonesia, terutama (dari) sisi logistik, melalui konektivitas tanpa batas dan berkelanjutan,” kata Benny.      (ny/Sumber:Kompas com)