Ditgakkum Korlantas Peragakan Alat 3D Scanner Dukung Penyidikan Lakalantas, Proses Analisa Hitungan Jam

  • Oleh : Bondan

Kamis, 09/Mar/2023 18:15 WIB
Ditgakkum Korlantas Polri memperagakan alat pemindai 3 dimensi atau Faro Freestyle Hand Held 3D Scanner. Fungsi alat scanner ini untuk mendukung alat olah TKP yang sudah ada. Ditgakkum Korlantas Polri memperagakan alat pemindai 3 dimensi atau Faro Freestyle Hand Held 3D Scanner. Fungsi alat scanner ini untuk mendukung alat olah TKP yang sudah ada.

JAKARTA (BeritaTrans.com) — Ditgakkum Korlantas Polri memperagakan alat pemindai 3 dimensi atau Faro Freestyle Hand Held 3D Scanner. Fungsi alat scanner ini untuk mendukung alat olah TKP yang sudah ada.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan alat scanner ini berfungsi untuk mengukur kerusakan kendaraan pada kecelakaan. Disamping itu, alat ini lebih cepat dari alat yang sudah ada.

Baca Juga:
Korlantas Polri Bersama Google Siapkan Layanan Informasi Mudik Lebaran 2023

“Kerja alat ini sangat detail, mengukur di ruang-ruang yang tak tersentuh. Selain itu alat ini memproses secara cepat, alat sebelumnya butuh waktu tiga hari, dengan alat ini cukup hitungan jam,” kata Brigjen Pol Aan Suhanan di Korlantas Polri, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Brigjen Pol Aan Suhanan menambahkan alat ini otomatis langsung memproses, menganalisa dengan hasil mendekati sempurna yaitu 99%. Alat ini sangat penting melaksanakan Olah TKP berbasis alat modern.

“TKP menjadi kunci pengungkapan kasus, kalau konvensional sangat kesulitan. Petugas yang mengoperasionalkan akan ada pelatihan dan sertifikat. Ini sudah terbukti menjadi Yurisprudensi kasus di Jombang,” jelas Brigjen Pol Aan Suhanan.

Alat ini tambahnya, bakal didistribusikan ke jajaran Polda dan Polres se-Indonesia. Harapannya dengan bantuan alat ini, bukti-bukti yang disajikan di pengadilan tidak akan terbantahkan. (Dan)