Jelang Sidang ke-47 IMO FAL, Indonesia Siap Paparkan Perkembangan Inaportnet

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 10/Mar/2023 20:39 WIB
Gedung IMO di London Gedung IMO di London

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Jelang sidang ke-47 Facilitation Committee Meeting (FAL) gelaran International Maritime Organization (IMO) di London 13-17 Maret 2023, Delegasi Republik Indonesia (Delri) siap akan memaparkan perkembangan Inaportnet.

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Adapun Delegasi Indonesia yang akan menghadiri Sidang FAL 47 terdiri dari perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Lembaga Nasional Single Window (LNSW) Kementerian Keuangan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selaku Maritime Administration dalam hal ini diwakili oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting yang akan hadir sebagai salah satu Delegasi pada Sidang tersebut.

Baca Juga:
Sidang IMO MEPC ke-81, Perlindungan Lingkungan Maritim Jadi Bahasan

Dia menjelaskan, Facilitation Committee adalah Komite yang dibentuk untuk memfasilitasi penyelenggaraan angkutan laut melalui penyederhanaan dokumen dan prosedur yang terkait dengan kedatangan waktu tinggal dan keberangkatan kapal-kapal yang berlayar internasional.

“Komite ini membantu negara-negara anggota dalam menerapkan instrumen-instrumen IMO, sehingga tidak terjadi kerancuan, serta menghindari adanya hambatan operasi kapal terkait dokumen untuk masuk ke wilayah negara lain,” jelasnya.

Baca Juga:
Transformasi Digital Pelabuhan dengan Sistem Single Submission Pengangkut, Uji Coba di 46 Pelabuhan

Sidang FAL 47 akan dihadiri oleh perwakilan negara-negara anggota IMO serta organisasi internasional, termasuk Indonesia, dan dipimpin oleh Ms. Marina Angsel dari Swedia dibantu oleh Mr. Mohamed AlKaabi dari United Arab Emirates sebagai Vice-Chair. 

Pada Sidang ini akan dibahas sebanyak 22 agenda dengan 32 dokumen dengan agenda utama pertimbangan adopsi amandemen Konvensi IMO, update lampiran FAL Convention, update Explanatory Manual FAL Convention, serta aplikasi konsep Single Window.

Untuk efisiensi waktu sidang, pembahasan agenda-agenda sidang akan dibahas dalam empat grup yang diselenggarakan secara paralel atau berbarengan dengan sidang plenary.

Antara lain Working Group on Facilitation Instruments (WG1), Working Group on FAL MASS (WG2), Working Group on Electronic Business (WG3), serta Drafting Group on Amendments to FAL Convention (DG).

Dia mengungkapkan, pada Sidang FAL 47 ini Indonesia mengajukan dokumen untuk dibahas pada Agenda 6, yaitu Application of Single Window Concept pada dokumen FAL 47/INF.4 dengan judul Implementation of Single Window Platform to Standardize Services and Reduce Administrative Burdens at Indonesia’s Ports.

“Selain itu, Indonesia juga mendapatkan slot waktu untuk mempresentasikan Inaportnet pada tanggal 15 Maret 2023 pukul 13.15 waktu setempat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Indonesia juga menjadi sponsor Coffee Break pagi (jam 11.00 waktu London) pada 15 Maret 2023.

"Ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan dan menggalang dukungan negara-negara Anggota IMO untuk pencalonan kembali Indonesia sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2024-2025," imbuhnya.

Capt. Hendri menggarisbawahi keterlibatan dalam sidang-sidang IMO merupakan salah satu cara untuk mempromosikan Indonesia terutama dalam rangka mendukung Pemerintah dalam merealisasikan visi sebagai poros maritim dunia. 
 
“Keaktifan Indonesia dalam Sidang IMO juga dapat menjadi pertimbangan negara lain untuk memilih kembali Indonesia sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C untuk periode tahun 2024-2025,” tutupnya. (omy)