Angleb 2023, Kemenhub Gelar Program Mudik Gratis dengan KA, Bus, dan Kapal Laut

  • Oleh : Naomy

Senin, 13/Mar/2023 20:20 WIB
Menhub sapa pemudik Menhub sapa pemudik


 
JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pada angkutan Lebaran 2023, Kementerian Perhubungan kembali menggelar program mudik gratis dengan kereta api, bus, dan kapal laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor, karena sangat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri maupun orang lain.
 
“Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” jelas Menhub di Jakarta, Senin (13/3/2023).
 
Dia menyampaikan, program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor.

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

Pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.
 
“Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin,” tutur Menhub.

Dia juga mengimbau program-program mudik gratis juga dapat dilaksanakan oleh berbagai pihak baik itu Kementerian/Lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan pihak lainnya, agar kuotanya semakin banyak.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

“Dengan semakin banyaknya kuota mudik gratis, kita harapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna sepeda motor, dan sekaligus juga dapat mengurangi kepadatan di jalan,” kata Menhub.
 
Pada angleb Tahun 2023, Kemenhub kembali menyelenggarakan program mudik gratis baik melalui jalur darat, laut dan kereta api. Masyarakat dapat mendaftar secara daring (online) melalui website (mudikgratis.dephub.go.id) dan aplikasi (Mitra Darat) yang bisa diunduh di ponsel, maupun secara luring (offline) yang akan digelar di kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan di beberapa simpul transportasi dan titik lokasi lainnya. 

Pendaftaran program mudik gratis sudah mulai dibuka pada Maret s.d Mei 2023 atau bisa diperpanjang sampai memenuhi kuota yang disediakan.
 
Pada Program Angkutan Sepeda Motor Gratis dengan Kereta Api, menyediakan kapasitas hingga 46 ribu lebih penumpang dan 10 ribu lebih unit sepeda motor yang akan diberangkatkan menggunakan kereta api. 

Baca Juga:
Ribuan Peserta Arus Balik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Tinggalkan Semarang ke Jakarta

Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 11 s.d 20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April s.d 4 Mei 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 1 Maret s.d 3 Mei 2023.
 
Selanjutnya, program Mudik Gratis dengan Bus, menyediakan kapasitas hingga 24 ribu lebih penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus dan 900 unit sepeda motor menggunakan truk. 

Jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 17 s.d 19 April 2023 untuk arus mudik dan 27 s.d 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 13 Maret s.d 14 April 2023.

Kemudian, program Mudik Gratis Sepeda Motor naik  Kapal Laut, menyediakan kapasitas hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang diberangkatkan menggunakan kapal. 

Jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik dan 25 dan 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 15 Maret s.d 13 April 2023. (omy)