KKP Tangkap Tiga Pengebom Ikan di Pesisir Banggai

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 16/Mar/2023 19:27 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BANGGAI (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui  Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) mengamankan tiga orang yang diduga akan melakukan pengeboman ikan di sekitar pantai Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah pada Selasa (14/3/2023). 

"Benar kami baru menangkap 3 orang pelaku yang diduga akan melakukan pengeboman ikan di sekitar perairan pesisir Luwuk Selasa pagi", ungkap Direktur Jenderal PSDKP, Laksda TNI Dr. Adin Nurawaluddin, M.Han dalam keterangan resminya, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga:
Kementerian-KP Tangkap 3 Nelayan Pelaku Bom Ikan di Morowali

Ketiga orang tersebut ditangkap oleh Pengawas Perikanan pada kantor Wilker PSDKP Luwuk yang sedang melaksanakan patroli penjagaan wilayah perairan pesisir.

"Saat ini kami tidak hanya gencar memberantas illegal fishing dan menindak pelaku pemanfaatan ruang laut yang tidak sesuai peraturan, namun juga gencar melakukan pengawasan di wilayah pesisir," ujar Adin.

Baca Juga:
Kementerian-KP Amankan 16 Rumpon Ilegal di Perbatasan Indonesia-Filipina

Lebih lanjut Adin menjelaskan bahwa membutuhkan waktu yang tidak singkat serta strategi yang tepat hingga akhirnya berhasil menangkap pelaku pengebom ikan tersebut.

"Petugas kami perlu waktu sehari semalam melaksanakan patroli, bahkan sempat bermalam di sebuah pulau terlebih dahulu hingga akhirnya berhasil membekuk pelaku pengeboman ikan yang meresahkan masyarakat tersebut," terang Adin. 

Baca Juga:
Pertemuan FAO Sepakati Dokumen Bali Strategy untuk Berantas IUU Fishing

Bersama tiga orang pelaku, turut diamankan sebuah kapal ikan berukuran 3 GT, 9 botol bahan peledak yang telah dirakit, serta alat tangkap lain berupa tombak dan jaring.

"Pelaku dan barang bukti saat ini kami amankan di kantor Wilker PSDKP Luwuk untuk pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut," pungkas Adin.

Penangkapan pelaku pengeboman ikan ini menunjukkan kinerja Ditjen PSDKP dalam memastikan wilayah pesisir terjaga dengan baik.(fhm)