Pilot India Dilarang Terbang Gegara Ngopi di Kokpit

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 17/Mar/2023 12:15 WIB
Foto: (SpiceJet) Foto: (SpiceJet)

Jakarta (Beritatrans.com) - Dua pilot India dilarang terbang karena ketahuan minum kopi dan makan di kokpit. Mereka melanggar aturan karena makan dan minum di tengah penerbangan.

Kedua pilot maskapai SpiceJet diketahui menikmati kudapan setelah mengunggah foto yang memperlihatkan gelas berisi kopi diletakkan di atas panel kontrol pesawat. Gelas itu tidak tertutup dan tampak logo maskapai.

Selain kopi, tampak pula gujiyas, kue goreng manis yang disajikan saat Festival Holi. Sementara itu, wajah para pilot tak diperlihatkan.

Postingan ini viral karena foto diambil di tengah penerbangan saat pesawat berada di ketinggian 37.000 kaki. Insiden ini diduga terjadi di penerbangan dari Delhi ke kota timur laut Guwahati pada 8 Maret 2023 ketika India tengah merayakan Festival Holi.

Beredarnya foto ini lantas memicu kemarahan warganet. Pakar penerbangan juga menyoroti aksi pilot yang dianggap membahayakan penumpang ini.

"Bahkan turbulensi sekecil apa pun dan tumpahan kopi ke perangkat elektronik, akan merusak sistem. Ini adalah tindakan kriminal," kata Pakar Penerbangan Mohan Ranganathan.

Hal tersebut kemudian mendorong regulator penerbangan India untuk mengeluarkan peringatan kepada pilot-pilot SpiceJet tersebut. Mereka juga juga ingin SpiceJet untuk segera mengidentifikasi para pilot yang berbuat ulah tersebut.

Dilansir dari BBC, Jumat (17/3/2023) pihak SpiceJet tengah melakukan penyelidikan terhadap masalah ini. Sementara itu, SpiceJet juga melarang kedua pilot terbang selama masa penyelidikan.

"Tindakan disipliner yang tepat akan diambil terhadap mereka setelah penyelidikan selesai," kata juru bicara maskapai.

Sebenarnya, aturan penerbangan India mengizinkan pilot dan kru untuk makan dan minum di kokpit namun di bawah pedoman yang ketat. Misalnya, semua gelas yang digunakan harus memiliki penutup dan di bawahnya dialasi nampan untuk menghindari tumpahan air mengenai sistem pesawat.
(ny/Sumber:detik.com)

Baca Juga:
Tabrakan 2 Pesawat Temput Ukraina, 3 Pilot Tewas