KCIC Terima Penghargaan Penanaman Modal Asing Terbaik dari Pemkab Purwakarta

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 17/Mar/2023 20:23 WIB
KCIC terima penghargaan pada Anugerah Investasi Purwakarta. (Ist) KCIC terima penghargaan pada Anugerah Investasi Purwakarta. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menerima penghargaan sebagai Terbaik Ke 2 Kategori Penanaman Modal Asing dalam kegiatan Anugerah Investasi Purwakarta.

Kegiatan Anugerah Investasi Purwakarta diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Purwakarta di Hotel Harper Purwakarta pada Selasa (14/3/2023).

Baca Juga:
Pemasangan Jaringan Listrik Atas KA Cepat Jakarta Bandung Capai 80%, Bakal Jadi Transportasi Bebas Emisi

Penghargaan tersebut diberikan kepada KCIC karena pada proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di wilayah Purwakarta telah memenuhi persyaratan sebagai investasi terbaik berdasarkan nilai investasi, pengurusan perizinan, penyerapan tenaga kerja, dampak sosial, dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal. 
 
General Manager Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry menyampaikan penghargaan yang diterima adalah bukti KCIC tidak hanya membangun sarana dan prasarana transportasi, tetapi juga turut membangun perekonomian pada wilayah-wilayah yang dilalui.
 
“Penghargaan ini adalah bukti bahwa investasi yang ditanamkan KCIC di Purwakarta ini menguntungkan pemerintah dan masyarakat yang ada di sekitar trase KCJB," ujar Rahadian. 

Dia menambahkan, adanya proyek tersebut juga meningkatkan pendapatan daerah. "Di sisi lain masyarakat yang menerima ganti untung pembebasan lahan, juga mendapatkan manfaatnya," sambungnya.

Baca Juga:
Nasib Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Usai Biaya Membengkak Lagi

Selain itu, KCIC juga melibatkan masyarakat setempat dalam konstruksi KCJB sebagai tenaga kerja. Hal-hal tersebutlah menurut Rahadian, yang menunjukkan bahwa hadirnya KCJB memberikan multiplier effect pada perekonomian.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengucapkan terima kasih kepada seluruh penanam modal yang ada di wilayah Purwakarta. 

Menurut Anne, investasi di Purwakarta pada tahun 2022 dapat mencapai Rp8,34 Triliun dan akan terus ditingkatkan pada tahun 2023 sesuai arahan BKPM. 

Pihaknya menjelaskan bahwa Purwakarta merupakan daerah yang ramah investasi. 

Hadirnya para penanam modal di Purwakarta berdampak pada penurunan tingkat pengangguran melalui penyerapan tenaga kerja lokal di berbagai industri.

Purwakarta adalah salah satu wilayah yang dilalui oleh KCJB sepanjang 24 km. 

Di Purwakarta, KCIC membangun lima terowongan, 19 struktur jembatan, dan 28 struktur subgrade. 

Salah satu terowongan tersebut, yaitu tunnel 2, juga sempat dilakukan pemeriksaan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 17 Januari 2022 karena kompleksitasnya yang tinggi. (Fhm)