Jelang Mudik, Jalan Tol di Lampung Diperbaiki

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 19/Mar/2023 11:16 WIB
Proses perbaikan jalan tol Lampung - Palembang yang dikebut menjelang momen arus mudik Lebaran 2023, Ahad (19/3/2023).(DOK. Hutama Karya) Proses perbaikan jalan tol Lampung - Palembang yang dikebut menjelang momen arus mudik Lebaran 2023, Ahad (19/3/2023).(DOK. Hutama Karya)

LAMPUNG (BeritaTrans.com) - Pengelola jalan tol Lampung-Palembang mengebut perbaikan di sejumlah titik menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya Koentjoro mengatakan perbaikan jalan tol ini ditargetkan selesai sebelum momen mudik lebaran.

Baca Juga:
Tarif dan Rute Tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Aceh

"Saat ini tengah dilakukan peningkatan kualitas jalan tol, baik itu di tol Bakter maupun tol Terpeka," kata Koentjoro melalui pesan tertulis, Ahad (19/3/2023).

Dia menjabarkan perbaikan dan peningkatan kualitas di tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) berada di Kilometer 08+900 hingga Kilometer 138+600.

Baca Juga:
HK Targetkan Perbaikan Jalan Tol Palindra dan Indraprabu Selesai H-7 Lebaran

"Progres pengerjaan mencapai 65,2 persen," kata Koentjoro.

Sedangkan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) berlokasi di Kilometer 141+400 hingga Kilometer 325+000 dengan progres mencapai 94,6 persen.

Baca Juga:
Ada Perbaikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Ini Titik Lokasi dan Jadwalnya

Koentjoro menambahkan pemeliharaan ini dilakukan dengan berbagai metode mulai dari scraping, filling, dan overlay hingga rekonstruksi beton rigid.

"Jika tidak ada kendala akan segera rampung akhir Maret 2023 nanti," kata Koentjoro.

Sebelumnya, pengelola jalan tol Lampung-Palembang menyiapkan rest area di sepanjang jalan untuk mampu menampung hingga 3.000 lebih kendaraan.

Persiapan ini untuk mengatasi lonjakan pemudik yang diprediksi memadati jalan tol itu pada arus mudik dan balik lebaran mendatang.

Untuk ruas jalan tol di Lampung mulai dari Pelabuhan Bakauheni hingga Pematang Panggang, sebanyak 12 rest area akan dioperasikan.(fhm/sumber:kompas)