Saat Parkir Roda Mobil Perlu Dibelokkan, Ini Alasannya

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 19/Mar/2023 22:14 WIB
Alasan roda mobil perlu dibelokkan saat parkir di jalan menanjak dan menurun.(Tiktok @suryaderry17 ) Alasan roda mobil perlu dibelokkan saat parkir di jalan menanjak dan menurun.(Tiktok @suryaderry17 )

JAKARTA (Beritatrans com). – Sebuah video viral memperlihatkan roda mobil yang sengaja dibelokkan saat parkir.

Rupanya cara ini menjadi salah satu teknik berkendara aman yang patut diikuti masyarakat. Dilansir dari Tiktok @suryaderry17 (18/3/2023), video mobil yang parkir dengan roda membelok ke salah satu ruas jalan, menjadi standar keamanan bagi petugas jalan tol saat berhenti.

“Ada yang tau gak ya, kenapa roda nya mobil petugas pada di belokin ke kanan???” tulis keterangan pada video tersebut.

kenapa seperti itu ya, ada yang tau??????????? #jalantol #layananjalantol #rescue #ambulance #evakuasi #evakuasilaka #lakalantas #fyp #fyp? ? dawet jembot ireng - al

Menanggapi hal ini, netizen ramai di kolom komentar. Umumnya mereka paham, tapi masih banyak juga yang menganggap hal tersebut sekadar iseng bahkan seperti motor yang dikunci setang.

Menjawab pertanyaan tersebut, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, pada dasarnya hal tersebut wajib dilakukan saat mobil berhenti di jalan menanjak atau menurun.

 “Jadi kalau parkir di tanjakan atau turunan pengemudi wajib untuk membelokkan kemudi, agar bila rem tangan rusak maka mobil tidak meluncur ke belakang namun tertahan oleh pembatas jalan,” ujar Marcell, Sabtu (18/3/2023).

Menurutnya, ada sedikit tata cara yang perlu diperhatikan pengemudi saat membelokkan roda mobil ke salah satu arah.

Ketika parkir di tanjakan, bila di pinggir jalan ada trotoar maka belokan kemudi ke kanan. Agar saat rem tangan gagal, maka ban kiri depan akan tertahan di trotoar.

ilustrasi parkir mobil pararel(https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/)

Kemudian, bila pinggir jalan tidak ada trotoar, maka belokan kemudi ke kiri. Agar saat rem tangan gagal mobil dapat mengarah ke pinggir jalan.

 “Sedangkan bila kita parkir di turunan, maka belokan kemudi ke kiri, baik ada trotoar atau pun tidak ada trotoar,” ucap Marcell. .

Marcell menambahkan, cara ini efektif dilakukan ketika berada di jalan menurun dan mensnjak sedangkan di jalan rata, hal ini tidak perlu dilakukan.

“Karena kan tidak ada gravitational force yang bisa menarik mobil maju atau mundur seperti di tanjakan bila rem tangan gagal,” kata dia.(ny/Sumber:Kompas.com)