Polisi Berlakukan Contraflow Situasional di KM 47-65 Tol Japek saat Libur Hari Raya Nyepi

  • Oleh : Bondan

Selasa, 21/Mar/2023 22:59 WIB
Ilustrasi Tol Bekasi Timur. Ilustrasi Tol Bekasi Timur.

JAKARTA (BeritaTrans.com) -- Korlantas Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek atau Tol Japek guna mengantisipasi kepadatan saat libur Hari Raya Nyepi.

“Di Tol Japek sudah kita siapkan. Untuk jalur wisata dan arteri kebijakan ada di masing-masing wilayah,” kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga:
Kakorlantas Polri: Selama Angleb, Kecelakaan Lalin Turun 8%

Aan mengatakan rencananya contraflow akan diterapkan di KM 47 hingga KM 65. Pelaksanaannya bersifat situasional, tergantung situasi di lapangan.

“Situasional. Kita siapkan dari KM 47 sampai dengan KM 65,” tambahnya.

Baca Juga:
Evaluasi Arus Mudik, Pemerintah Kini Bersiap Lancarkan Arus Balik

Korlantas Polri, lanjut Aan, akan melakukan rekayasa lalu lintas di tol Japek, salah satunya melakukan contraflow jika diperlukan.

“Rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek sudah disiapkan contraflow,” jelasnya.

Baca Juga:
Menko PMK Tinjau Kesiapan Tol Japek Jelang Angleb

Saat ini, kata Aan, belum terjadi peningkatan volume kendaraan. Peningkatan volume kendaraan diprediksi mulai terjadi sore ini pukul 17.00 WIB.

“Prediksi ada peningkatan terhadap normal (lalu lintas). Diperkirakan pukul 17.00 WIB mulai ada peningkatan,” ungkapnya.

Pihak Korlantas Polri berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan. Sejumlah rekayasa lalu lintas akan diterapkan untuk mengatasi kemacetan.

“Masih koordinasi dengan pengelola tol,” tandasnya. (Dan)