Atasi Krisis Pangan di NTT, Kapal Tol Laut Angkut 1.600 Ton Beras Bantuan

  • Oleh : Naomy

Minggu, 26/Mar/2023 20:12 WIB
Tol Laut Tol Laut

 

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Pemerintah bergerak mengatasi krisis beras yang saat ini terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  yang menyebabkan harga beras di wilayah tersebut melambung tinggi.

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Perum Bulog dan  Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  bekerjasama melakukan pengangkutan bantuan beras 1.600 ton tersebut menggunakan kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara 5 dan KM. Kendhaga Nusantara 11.

Direktur Lalu lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting mengatakan pengangkutan bantuan beras untuk masyarakat di Provinsi NTT tersebut dilakukan menggunakan 2 (dua) unit kapal Tol Laut melalui 2 (dua) tahap.

Baca Juga:
Transformasi Digital Pelabuhan dengan Sistem Single Submission Pengangkut, Uji Coba di 46 Pelabuhan

“Tahap pertama menggunakan KM. Kendaga Nusantara 5 yang saat ini telah selesai melakukan pemuatan beras di Pelabuhan Tg. Perak Surabaya dan diberangkatkan pada hari ini Minggu, 26 Maret 2023 dengan pemuatan sebanyak 600 ton atau 30 Teus dengan rincian 2 Teus didistribusikan ke Maumere  dan distribusi ke Ende  sebanyak 28 Teus.,” ujar Capt. Hendri

Lebih lanjut Capt. Hendri menjelaskan untuk tahap ke 2 akan menggunakan KM. Kendhaga Nusantara 11 yang rencana akan diberangkatkan Rabu (29/3/2023) dengan rencana pemuatan sebanyak 1.000 ton atau 50 Teus, untuk didistribusikan ke Ende sebanyak 12 Teus dan Atambua/Atapupu sebanyak 38 Teus. 

Baca Juga:
107 Trayek Kapal Perintis Siap Beroperasi di Tahun 2024

“Distribusi dilakukan menggunakan kapal Tol Laut dan pada kesempatan ini, Ditjen Perhubungan Laut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pengangkutan bantuan beras dari Perum Bulog tersebut,” ujar Capt. Hendri

Dengan adanya kegiatan ini sebagai bentuk kehadiran Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemenuhan pasokan beras di Provinsi NTT khususnya menjelang hari raya Idul Fitri 1444H/2023, sehingga harga beras dapat stabil. 

Dia mengatakan, Program Tol Laut diselenggarakan sebagai upaya Pemerintah untuk memfasilitasi sarana transportasi laut dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan barang pokok dan penting, terutama masyarakat yang berada di wilayah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (T3P) yang belum dilayani kapal-kapal komersil. 

"Selain itu juga kapal-kapal Tol Laut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan Pemerintah lainnya guna pengangkutan bantuan sosial atau kemanusiaan," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat di Provinsi NTT dalam rangka menjamin pemenuhan bahan pokok khususnya beras agar tidak terjadi kelangkaan atau krisis beras yang menyebabkan harga beras melambung tinggi. (omy)