Cara Naik Kereta Api Sulsel, Harga Tiket, serta Jadwal Keberangkatan

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 30/Mar/2023 14:44 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Cara naik kereta api di Sulawesi Selatan (Sulsel) perlu diketahui oleh masyarakat yang hendak menggunakan layanan transportasi Kereta Api (KA) Sulsel. Saat ini layanan kereta api pertama di Sulsel ini sudah bisa dinikmati untuk rute Maros-Barru sepanjang 80 kilometer.

Jalur sepanjang 80 kilometer tersebut merupakan bagian dari proyek Kereta Api Sulsel Trans Sulawesi Tahap I untuk rute Makassar-Parepare. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2026 mendatang.

Baca Juga:
KAI Daop 1 Berikan Diskon Mudik Arus Balik Ekstra Hemat, Penumpang Cukup Bayar 80 Persen

Kehadiran kereta api pertama di Sulsel ini tentunya mengundang antusiasme masyarakat untuk menikmati keseruan moda transportasi tersebut. Masyarakat Sulsel pun kini bisa menikmati layanan KA Sulsel, baik untuk bepergian maupun sekadar berjalan-jalan sembari menikmati keindahan pemandangan di sepanjang jalur kereta api.

Bagi masyarakat Sulsel yang ingin menikmati layanan kereta api ini, tentunya harus mengetahui caranya, mulai dari jadwal keberangkatan serta syarat-syaratnya. Berikut ini cara naik kereta api di Sulsel sebagaimana yang dilihat detikSulsel dari instagram resmi Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan (BPKA Sulsel).

Baca Juga:
KA Papandayan Mulai 1 April 2024 Beroperasinal di Stasiun Karawang, Ini Rute dan Harga Tiketnya!

Cara Naik Kereta Api Sulsel

1. Cek Jadwal Keberangkatan Kereta Api

Baca Juga:
Sehari Diluncurkan dengan Harga Hampir 2 Juta, Tiket Kereta Suite Class Compartment Terjual 74 Persen

Bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan Kereta Api Sulsel, harus mengecek jadwal keberangkatan kereta terlebih dahulu. Jadwal keberangkatan kereta api ini bisa dicek melalui Instagram BPKA Sulsel atau klik di SINI.

Untuk saat ini, keberangkatan kereta hari Senin sampai Jumat hanya melayani penumpang yang sudah melakukan reservasi. Sementara, masyarakat umum dapat menggunakan layanan kereta api di hari Sabtu dan Minggu.

2. Pergi ke Stasiun Terdekat

Setelah mengetahui jadwal keberangkatan kereta api, masyarakat bisa langsung mendatangi stasiun terdekat sesuai jadwal keberangkatan.

3. Membeli Tiket di Loket

Saat tiba di stasiun, selanjutnya pengunjung dapat langsung menuju loket untuk melakukan pembelian tiket. Sebaiknya pengunjung datang lebih awal karena loket akan dibuka 90 menit sebelum keberangkatan, dan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan kereta.

Saat hendak melakukan pembelian tiket, pengguna layanan diwajibkan membawa kartu identitas.

4. Menunjukkan Tiket Kepada Petugas

Setelah membeli tiket, selanjutnya pengguna harus perlihatkan tiket ke petugas. Lalu petugas akan mengarahkan ke ruang tunggu yang tersedia.

Saat kereta tiba, penumpang bisa langsung naik dan menikmati perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan.

Harga Tiket Kereta Api Sulsel

Harga tiket kereta api Sulsel untuk saat ini masih gratis. Kepala Seksi Pemanfaatan Sarana danPrasarana Rachmat Dalu mengatakan, masyarakat masih bisa menikmati layanan Kereta Api Sulsel secara gratis hingga tarif berbayar ditetapkan secara resmi.

"Masih gratis," kata Rachmat saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (29/3/2023).

"Sampai kapannya masih dirapatkan. Tunggu saja infonya," sambungnya.

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Sulsel

Sejarah Kereta Api di Sulsel

Kereta api rute Makassar Parepare ini disebut sebagai kereta api pertama di Sulsel. Ternyata, di zaman Hinda-Belanda kereta api pernah dibangun dan beroperasi di Sulsel, tepatnya pada tahun 1922.

Sayangnya kereta api tersebut hanya beroperasi selama 8 tahun. Secara resmi diberhentikan pada tahun 1930.

Jalur kereta api tersebut menghubungkan Makassar-Takalar sepanjang 47 Km. Diperkirakan jalur Makassar-Takalar terhenti lantaran tidak adanya industri perkebunan di Sulawesi dan belum masifnya produksi tambang nikel saat itu.

Setelah lebih 90 tahun, akhirnya moda transportasi kereta api kembali di bangun di Sulawesi Selatan melalui proyek Kereta Api Trans Sulawesi.

Proyek dimulai pada tahun 2014 di masa pemerintahan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, dengan pengerjaan tahap satu rute Makassar-Parepare. Namun, pembebasan lahan baru rampung 8 tahun kemudian pada tahun 2022.

Peresmian proyek ini dimulai pada Agustus 2014, bertepatan dengan peringatan 150 tahun perkeretaapian di Indonesia. Proyek awal Kereta Api Makassar-Parepare direncanakan dibangun sepanjang 145 kilometer, menghubungkan Makassar dan Parepare dengan melintasi Maros, Pangkep, dan Barru.

Pada 29 Oktober 2022, Kereta Api Sulsel mulai beroperasi secara terbatas. Dalam uji coba tersebut, Kereta Api Sulsel sudah beroperasi sepanjang 66 kilometer melewati 7 stasiun dengan rute dari Stasiun Garongkong Barru menuju Stasiun Mangilu Pangkep.

Pada 29 Maret 2023, Presiden Joko Widodo meresmikan jalur Kereta Api Sulsel yang telah beroperasi sepanjang 80 kilometer dengan rute Kabupaten Maros-Barru. Sementara pembangunan hingga Parepare ditargetkan rampung pada 2026 mendatang.(fhm/sumber:detik)