Ingat! Tidak ada Penjualan Tiket Ferry di Dekat Pelabuhan saat Arus Mudik Lebaran

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 11/Apr/2023 15:01 WIB
   Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dan Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry Mac pada Media Gathering di Kantor ASDP Jakarta, Senin (10/4/2023). Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dan Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry Mac pada Media Gathering di Kantor ASDP Jakarta, Senin (10/4/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menegaskan tidak ada penjualan tiket di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk terhitung mulai 1 Mei 2023.

"Di pelabuhan kita itu sudah tidak ada lagi yang jual tiket. Kami meminta pengguna jasa untuk punya tiket H-1. Jadi enggak bisa go show, ini perlu kita tata agar bisa mudik dengan aman dan berkesan," ujar Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry Mac pada Media Gathering di Kantor ASDP Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca Juga:
ASDP Terus Pacu Layanan Perintis ke Destinasi Wisata di Wilayah 3T

Harry mengatakan, langkah ini diambil guna mengantisipasi kemacetan di jalur menuju pelabuhan.

Menurutnya, pengguna jasa yang membeli tiket pada hari H dapat menyebabkan penumpukan kendaraan baik di jalan masuk maupun dalam pelabuhan.

Baca Juga:
ASDP: Pengguna Ferizy Capai 2,32 Juta Orang

"Karena kalau beli tiket di pelabuhan itu mengambil ruas jalan. Kan kalau beli tiket berarti parkir. Makanya kita alihkan dengan cara lain," kata Harry.

Pembelian tiket kapal sudah dapat dibeli sejak 60 hari sebelum keberangkatan. 

Baca Juga:
Trafik Penyeberangan Jawa-Sumatera terpantau Normal Lancar

Demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

Sementara itu, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan sejak awal tahun 2023,  ASDP telah menyiapkan strategi dan antisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan pada penyelenggaraan layanan Angkutan Lebaran tahun ini perdana setelah Pemerintah resmi mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia pada 30 Desember 2022.

Posko Mudik dimulai H-8 pada Jumat (14/4) hingga H-1 pada Jumat (21/4) dan posko arus balik mulai H+1 pada Senin (24/4) hingga H+9 pada Selasa (2/5).Adapun Pemerintah menerapkan Libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H pada 19 - 25 April 2023. 

"Dengan adanya penetapan libur cuti bersama yang dimajukan, tentu kita harapkan masyarakat dapat segera melakukan reservasi tiket, agar mudik lebih awal untuk menghindari antrian," ujar Shelvy.

Puncak arus mudik diperkirakan pada Rabu (19/4) atau H-3 dan Kamis (20/4) atau H-2, dan puncak arus balik 1 pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2, dan puncak arus balik kedua pada Minggu (30/4) atau H+7 dan Senin (1/5) atau H+8 yang bertepatan dengan libur Hari Buruh.(fahmi)