Tiket Bus ke Sejumlah Daerah Banyak yang Sudah Habis Dipesan Pemudik

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Apr/2023 15:11 WIB
Penumpang bus harus memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan kursi untuk mudik.  Penumpang bus harus memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan kursi untuk mudik.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Ketersediaan tiket bus antarkota antarpropinsi (AKAP) dari agen di Terminal Induk Kota Bekasi dengan tujuan  sejumlah daerah sudah habis dipesan pemudik.

Hal itu dialami salah satu tiketing bus ANS tujuan Padang. Agen di terminal itu mengatakan ketersediaan bangku bus telah habis sampai H-1 Lebaran. 

Baca Juga:
Mudik Gratis 2024 Jalur Darat, Laut dan Kereta Api, Simak Jadwal Daftar di Sini!

"Kita tujuan Padang untuk sampai tanggal 20 penuh semua tiket, satu hari kita dari sini berangkat tiga bus," ujar petugas tiketing ANS, Cucu Sumarni di terminal, Rabu (12/4/2023).

Saat ini agen hanya melayani dan memastikan keberangkatan dan kedatangan pemudik.

Baca Juga:
Terminal Bekasi Ramai Dipadati Penumpang Akhir Tahun

Penumpang bus sudah memesan tiket jauh pada hari keberangkatan untuk mendapatkan ketersediaan kursi. 

Cucu menjelaskan, kehabisan tiket di Terminal Bekasi bukan berarti palayanan tiket tidak ada. Tiket masih bisa diburu oleh pemudik di agen loket di kawasan Jabodetabek.

Baca Juga:
Ramai Pemudik, Tiket Bus Beberapa PO di Terminal Bekasi Sudah Habis

Adapun tujuan favorit di terminal tersebut yaitu ke arah Sumatera dengan tujuan padang dan Jawa Tengah.
 
Harga tiket yang terus mengalami penyesuaian tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk bisa pulang kampung pada Lebaran 2023 ini.

Penyesuaian tarif sudah terjadi beberapa hari belakangan dan akan terus meningkat hingga setelah lebaran.

Seperti yang terjadi pada agen Terminal Bekasi PO Bus ANS tujuan Padang. Harga tiket mengalami kenaikan bertahap dengan bersaran berkisar Rp100 ribu. 

"Kalau untuk tiket kita bertahap ya, dari tanggal 10 sampai tanggal 13 April 2023 itu harga yang royal class Rp 775 ribu dan yang eksekutifnya Rp600 ribu," ujar

"Dari mulai tanggal 14 sampai dengan 30 April, royal classnya Rp875 ribu dan yang eksekutif Rp750 ribu," jelas Cucu. 

Bukan hanya tarif bus PO ANS, sejumlah PO seperti NPM, MPM, Sinar Dempo dan yang lainnya dengan tujuan Sumatera sudah mengalami kenaikan.

Bagi penumpang bus yang ingin naik dari Terminal Induk Kota Bekasi tidak usah khawatir dengan kehabisan tiket. Agen di terminal tersebut siap membantu mencarikan moda alternatif tambahan dengan PO yang sudah bekerja sama.(fahmi)