Jelang Idul Fitri, TPK Koja Terapkan Layanan Early Stack

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 18/Apr/2023 22:09 WIB
Terminal Peti Kemas Koja/foto:/beritatrans.com/dok/ahmad Terminal Peti Kemas Koja/foto:/beritatrans.com/dok/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 2023 yang disertai dengan peraturan pembatasan pergerakan trucking yang melayani kegiatan ekspor impor, Terminal Peti Kemas Koja, yang merupakan salah satu terminal peti kemas di kawasan Tanjung Priok, mencoba memberikan pelayanan kepada konsumen dengan mengizinkan peti kemas ekspor untuk dapat masuk lebih awal atau yang disebut dengan layanan early stack. 

“Pelayanan ini pasti akan memberikan efek kepada terminal berupa meningkatnya YOR (Yard Occupancy Ratio) ekspor dan impor selama libur lebaran ini,” ucap General Manager Terminal Peti Kemas Koja Indra Hidayat Sani.

Baca Juga:
Optimalkan Kinerja, TPK Koja Tingkatkan Sinergitas dengan Media di Pelabuhan

Indra melanjutkan, untuk mengantisipasi efek dari layanan early stack dan pembatasan mobilisasi truk, ada beberapa strategi yang telah direncanakan TPK Koja di antaranya berkoordinasi dengan pihak shipping line untuk menginformasikan kepada importir agar segera menarik peti kemas mereka sebelum hari raya. Kemudian, berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai untuk melakukan percepatan proses perizinan dokumen serta memanfaatkan Buffer Block (Blok Cadangan) yang ada di lapangan TPK Koja untuk meningkatkan kapasitas.

Selain itu, upaya yang dilakukan TPK Koja adalah memaksimalkan kapasitas lapangan impor dan memanfaatkan lapangan ekspor yang kemungkinan kosong akibat tidak ada kegiatan eksport selama menjelang dan setelah lebaran.(ahmad) 

Baca Juga:
IPC TPK Sambut 10 Kapal Terakhir di Penghujung Tahun 2023