KRL Diprediksi Layani 12 Juta Penumpang Masa Angkutan Lebaran

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 19/Apr/2023 16:23 WIB
Penumpang KRL. (Ilustrasi) Penumpang KRL. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang KRL Jabodetabek dan KA Lokal Merak akan mulai ramai pada hari ini, Rabu (19/4/2023) dan didominasi oleh pengguna musiman yang bermobilisasi baik untuk mudik ataupun untuk melakukan aktivitas menjelang hari Idul Fitri 1444 H. 

"Kereta lokal dan Commuterline akan menjadi Transportasi Angkutan masal tujuan utama para pengguna transportasi umum," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Rabu.

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

Menurut Anne, pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, KAI Commuter memprediksi pengguna commuterline sebanyak 12.260.896 orang atau naik sebanyak 20% jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu yaitu sebanyak 10.175.996 orang. 

Sedangkan untuk volume pengguna KA Lokal Merak, diprediksi sebanyak 148.195 orang atau naik sebanyak 4% jika dibandingkan dengan tahun lalu yaitu sebanyak 148.195 orang

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

"Tentunya dengan kenaikan volume pengguna ini, KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam melakukan perjalanannya," ujar Anne.

"Perkiraan ujuan pengguna selain untuk mudik adalah bersilaturahmi dan mengunjungi tempat wisata serta pusat perbelanjaan yang dekat dengan stasiun," sambung Anne.

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai

Dikabarkan, perjalanan KA Lokal Merak mulai tanggal 15 April s.d. 30 April hanya sampai dengan Stasiun Cilegon. Jumlah operasional kereta sebanyak 14 perjalanan dengan jam operasi dari pukul 05:02 WIB s.d. 21:46 WIB dari Stasiun Rangkasbitung menuju Staisun Cilegon dan sebaliknya. 

Selama masa Angkutan  Lebaran ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, KAI Commuter menyiapkan Petugas Keamanan dan Keselamatan sebanyak 31 personil, Petugas Pengamanan Stasioner sebanyak 2.334 personil, Petugas Pengawalan KA sebanyak 1.236 Personil, dan petugas gabungan dari TNI sebanyak 100 personil, dan petugas dari Polri sebanyak 40 personil.

KAI commuter mengimbau kepada pengguna commuterline dan kereta bandara serta KA Lokal agar untuk mematuhi aturan yang berlaku saat berpergian menggunakan kereta. Selalu menjaga barang bawaan dan memperhatikan jadwal perjalanannya. Untuk update informasi dapat dilihat di akun media sosial resmi @commuterline atau melalui kontak center 021-121.
(fahmi)