Angkasa Pura I Bersama Kementerian BUMN Gelar Mudik Gratis dengan Bus, KA, dan Kapal

  • Oleh : Naomy

Rabu, 19/Apr/2023 16:57 WIB
VP Corsec AP I melepas pemudik gratis dengan Kereya Api VP Corsec AP I melepas pemudik gratis dengan Kereya Api


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura I sebagai bagian dari Kementerian BUMN berpartisipasi dalam program “Mudik Bersama BUMN Tahun 2023”.

Bersama dengan perusahaan BUMN lainnya, Angkasa Pura I memberangkatkan 1.798 peserta mudik pulang ke kampung halaman dengan menggunakan empat moda yakni dengan bus, kereta api, serta transportasi laut dengan kapal penyeberangan dan kapal penumpang. 

Baca Juga:
Yes, Program Hilirisasi Sukses Dongkrak Ekonomi Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, mudik gratis bagi masyarakat untuk mendukung terciptanya kelancaran, keselamatan, serta upaya untuk mengurangi hambatan selama mudik lebaran. 

“Kementerian BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus hadir dalam melayani masyarakat yang membutuhkan. Kali ini, pemerintah mendorong adanya kegiatan mudik gratis, dimana BUMN hadir untuk memberikan kontribusi kepada negara terhadap program-program yang dibutuhkan oleh masyarakat,” jelas Erick Thohir pada sambutannya di acara prosesi seremonial pelepasan pemudik pada Selasa (18/4/2023). 

Baca Juga:
Angkasa Pura II Kolaborasi Bareng 11 BUMN, Konservasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat di Raja Ampat

Kegiatan Mudik Bersama yang diselenggarakan Angkasa Pura I berlangsung pada 14, 18, dan 19 April 2023. 

Pada Jumat (14/4), Co. General Manager Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Amiruddin Florensius melepas 150 pemudik yang diberangkatkan melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar menggunakan kapal laut Pelni dengan rute Makassar menuju Surabaya.

Baca Juga:
Peringatan HUT ke-60, Angkasa Pura I Gelar Donor Darah, Hasilkan 1.056 Kantong

Pada Selasa kemarin (18/4), Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan perwakilan BUMN lainnya melaksanakan prosesi seremonial pelepasan pemudik yang berlokasi di Ring Road Gelora Bung Karno. 

Prosesi seremonial ini merupakan kegiatan Flag Off yang mengangkut pemudik secara bersama-sama menggunakan moda transportasi bus. 

Direktur Utama Angkasa Pura I melepas 40 pemudik menggunakan bus dengan rute Jakarta menuju Bobotsari via Purwokerto.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyampaikan apresiasinya pada kegiatan mudik bersama yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN karena diharapkan dapat membantu mengurangi kepadatan arus mudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan dapat mengurangi kemacetan serta risiko kecelakaan dalam perjalanan dengan mengutamakan keselamatan.

“Safety is number one, saya yakin operator perjalanan darat menggunakan bus ini dapat menjalankan tugasnya secara kooperatif dengan mengurangi kecepatan berkendara agar para pemudik sampai tujuan dengan selamat,” ujar Menhub.

Tak hanya di Gelora Bung Karno saja, pada hari yang sama di Pelabuhan Galala Ambon juga dilaksanakan pelepasan 1.000 pemudik menggunakan armada kapal laut PT ASDP dengan rute Ambon menuju Pulau Seram.

Pada hari ini, Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Rahadian D. Yogisworo melepas 608 pemudik yang diberangkatkan melalui Stasiun Kereta Api Pasar Senen Jakarta menggunakan delapan kereta KA Jaka Tingkir dengan rute Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen menuju Surakarta melalui Stasiun Purwosari.

“Dengan diselenggarakannya Mudik Bersama BUMN Tahun 2023 ini, kami merasa senang dapat membantu pemudik untuk melepas rindu dan bersilaturahmi dengan sanak saudara yang berada di kampung halaman. Semoga mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan para pemudik sampai ke kampung halaman dengan selamat,” tutup Faik. (omy)