Kepadatan Arus Pemudik H-3 Lebaran di Pelabuhan Ciwandan Lancar Terkendali

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 19/Apr/2023 18:56 WIB
Foto:istimewa Foto:istimewa

BANTEN (BeritaTrans.com) - Kepadatan arus pemudik pada H-3 Lebaran 2023 di Pelabuhan Ciwandan sudah terurai dan kembali berjalan lancar.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Bahas Perubahan Aturan Pelayaran Kapal Wisata dan Pesiar Asing di Perairan Indonesia

Sebelumnya pada Selasa (18/4) malam hingga Rabu (19/4) dini hari, jumlah pemudik di Ciwandan membludak sehingga antrean mengular sampai ke pintu masuk kompleks pelabuhan, bahkan seluruh kantong parkir juga terpantau penuh.

Namun hingga sore ini sejak pukul 17:00 WIB, Rabu (19/4) kondisi arus mudik di pelabuhan Ciwandan kembali normal dan berjalan dengan lancar.

Baca Juga:
Di Rakornis Nataru 2023, Dirjen Hubla: Jadilah Penumpang `Good Passengers`!

Karena membludaknya pemudik menggunakan sepeda motor pada Rabu dini hari, akhirnya polisi melakukan rekayasa lalu lintas di ruas jalan-jalan lingkar Selatan (JLS) menuju Pelabuhan Ciwandan. Satu lajur Jalan Lingkar Selatan (JLS) menuju gerbang tol cilegon timur dibuka untuk pemudik untuk masuk ke dalam pelabuhan. Satu jalur lagi digunakan pengendara yang beraktivitas normal. Petugas gabungan juga mengutamakan pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk masuk pelabuhan dan kapal.

Ira, seorang pemudik yang berasal dari Cilegon menyampaikan bahwa keberangkatannya dari rumah menuju ke Pelabuhan Ciwandan memakan waktu satu jam dan terhitung lancar.

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan Program Penempatan Tenaga Medis di Kapal Perintis Pangkalan Gorontalo

Sejak dioperasikannya Pelabuhan Ciwandan mulai dari H-7 Lebaran, Sabtu (15/4) sampai dengan H-2 Lebaran tanggal Rabu (19/4) pukul 17:00 WIB telah melayani 88 (delapan puluh delapan) keberangkatan kapal dengan jumlah kendaraan roda dua sebanyak 26.389 unit atau meningkat sebanyak 109% dari H-3 (18/4) dan kendaraan truk barang sebanyak 5.233 unit atau menurun 32% dari H-3 (18/4) dengan total penumpang 40.069 orang. Angka ini diprediksi akan semakin meningkat sampai dengan dini hari nanti.

Regional Head 2 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Drajat Sulistyo dalam kunjungannya ke Ciwandan ingin memastikan bahwa Pelabuhan Ciwandan yang merupakan Pelabuhan Non Penumpang dapat mendukung kelancaran arus mudik berjalan dengan lancar. Lebih lanjut Drajat Sulistyo mengatakan bahwa untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik, melalui Pelindo Regional 2 Banten pihaknya telah menyediakan fasilitas diantaranya 5 Dermaga untuk sandar kapal, kantong parkir bagi pemudik kendaraan roda dua dan roda empat, toilet, Musholla dan posko kesehatan.

Herry, pemudik asal Tangerang mengatakan bahwa ini merupakan mudik pertamanya menyebrang ke pulau Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan, dirinya berterimakasih kepada Pelindo karena fasilitas-fasilitas kebutuhan pemudik seperti Musholla mobile, Toilet portable lokasinya saling berdekatan dan terjaga kebersihannya.

Sama halnya dengan Nendi, berkat kesigapan petugas jaga kesehatan, istrinya yang kelelahan karena sedang mengandung dapat bersitirahat di posko kesehatan Pelabuhan Ciwandan.

Kepada para pemudik Drajat Sulistyo berpesan agar menjaga stamina dan berhati-hati selama melakukan perjalanannya, apabila kelelahan hendaknya berhenti sejenak untuk memulihkan stamina agar sampai dikampung halaman dengan aman dan selamat.(ahmad)