Kemen-PUPR dan BUJT Berikan Lagi Tarif Diskon di 12 Ruas Tol saat Arus Balik, Ini Lokasinya!

  • Oleh : Fahmi

Senin, 24/Apr/2023 09:02 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut baik inisiatif Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023. 

Sebelumnya enam ruas jalan tol mendapatkan diskon, yakni tiga ruas di Pulau Jawa (jalan tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak dan Cibitung-Cilincing) dan tiga ruas di Pulau Sumatra (jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung). 

Baca Juga:
Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Mulai Pembangunan Tahun Ini

Saat ini bertambah enam ruas jalan tol Trans Jawa, sehingga total terdapat 12 ruas jalan tol yang memberikan diskon tarif tol pada arus  balik Lebaran 2023.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan bahwa diskon tarif tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat arus balik Lebaran 2023.

Baca Juga:
Antisipasi Kepadatan Saat Libur Lebaran, Bakal Diterapkan Pengaturan Lalu Lintas

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Triono.

Penerapan diskon tarif tol terjauh sebesar 20% diberlakukan pada tanggal 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB pada 6 (enam) ruas jalan tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta, yakni:

Baca Juga:
Pemerintah Pastikan H-10 Lebaran Jalan Tol RI Bebas dari Lubang

1. Jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang (Untuk semua golongan kendaraan)

2. Jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

3. Jalan tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

4. Jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya (Untuk semua golongan kendaraan)

5. Jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Untuk semua golongan kendaraan)

6. Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan, yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya (Hanya kendaraan Golongan 1).

Sebelumnya, untuk arus balik Lebaran 2023, diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan juga diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20% untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek 27-29 April 2023 pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama.

PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan rua  Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra, juga memberikan diskon tarif tol sebesar 20% pada 27-29 April 2023 untuk semua golongan kendaraan pada tarif tol terjauh (masuk Gerbang Tol Bakauheni Selatan keluar Gerbang Tol Kayu Agung).

Selanjutnya, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) memberikan diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan sebesar 20% dan berlaku pada  27-29 April 2023, PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) untuk jalan tol Tangerang-Merak memberikan potongan tarif tol 20% untuk tanggal 27-29 April 2023. 

Kemudian diskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada tanggal 14 hingga 30 April 2023. Adapun besaran potongan tarif tol adalah Golongan I sebesar 15%, Golongan II dan III sebesar 44%, dan Golongan IV dan V sebesar 58%.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," tutup Triono.