Menpan RB: ASN Harus Langsung Fokus Tugas Layani Masyarakat Usai Libur Lebaran

  • Oleh : Dirham

Kamis, 27/Apr/2023 09:19 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) agar langsung fokus dengan pelayanan masyarakat pascalibur Idul Fitri 1444 Hijriah. Menurutnya, Idul Fitri harus menjadi momentum perbaikan dan percepatan kinerja ASN. 

"Kita harus langsung fokus untuk tugas melayani masyarakat usai libur nasional dan cuti bersama ini," ujar Anas dalam rapat pimpinan Kempan RB sebagaimana dari dilansir siaran pers, Kamis (27/4/2023). 

"Pelayanan publik harus optimal, meningkat, dan berdampak langsung ke masyarakat," lanjut dia. 

Dalam rapat kemarin, ada sejumlah hal strategis yang dibahas Anas. Salah satunya, penyiapan peraturan terkait jabatan fungsional dosen. 

"Kami akan diskusi menjaring masukan dari perwakilan para guru besar, dosen, dan beberapa kampus, sebagai aturan tindak lanjut untuk penataan jabatan fungsional dosen yang memang ada kekhususan pengaturannya karena mandatory UU,” jelas Anas. 

Anas juga membahas akselerasi Mal Pelayanan Publik (MPP) di berbagai daerah. Pada Mei 2023 akan ada tambahan secara resmi sedikitnya 13 MPP. Keberadaan 13 MPP baru ini akan menambah jumlah MPP saat ini di 115 kabupaten/kota. 

Selain itu, Anas juga meminta agar perkembangan MPP digital terus dikawal. Fokus MPP digital menurutnya adalah menyempurnakan integrasi dengan basis data kependudukan. 

"Sehingga ke depan warga tidak perlu lagi mengisi data berulang untuk setiap kali pengajuan pelayanan yang dilakukan pemerintah karena datanya sudah terintegrasi," ungkap Anas. 

"Semoga bisa membantu mengakselerasi pelayanan publik di berbagai daerah. Tentu kita berterima kasih kepada pemkab/pemkot se-Indonesia yang terus bekerja meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” tambah dia. (ds/sumber Kompas.com)