Mantap, 236 Santri Pulau Sapudi Sumenep Difasilitasi Kemenhub Program Arus Balik Mudik Lebaran Gratis

  • Oleh : Naomy

Senin, 01/Mei/2023 08:32 WIB
Mudik gratis bagi santri Sumenep Mudik gratis bagi santri Sumenep


MADURA (BeritaTrans.com) - Mantap,  Madura yang menjadi salah satu wilayah yang masyarakatnya menggunakan transportasi laut untuk mudik dan arus balik. 

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jendral Perhubungan Laut memberikan pelayanan arus balik mudik lebaran gratis tahun 2023 kepada sejumlah santri dan wali santri yang berada di Pulau Sapudi Sumenep, Jawa Timur.

Baca Juga:
Pembayaran Transaksi Transportasi Laut Harus Gunakan Rupiah

Program arus balik mudik lebaran gratis terjadwal dua kali keberangkatan yakni Ahad (30/4/2023) dan Sabtu (6/5/2023). 

Pada jadwal keberangkatan pertama, sedikitnya ada 236 santri dan wali santri yang ikut program ini menggunakan Kapal Latih Bung Tomo. 

Baca Juga:
Di Rakornas Angkutan Laut Perintis, Menhub Minta Layanan Lebih Efisien dan Tepat Guna

Mereka berasal dari santri Pondok Pesantren Walisongo Situbondo - Jawa Timur. Para santri dan wali santri berkumpul di Halaman Kantor UPP Kelas III Pulau Sapudi, untuk mengikuti upacara pelepasan. 

Para simpatisan dan keluarga santri juga ikut menyaksikan momen pelepasan para santri yang hendak menimba ilmu di luar pulau Sapudi itu. Wajah dan perasaan haru keluarga santri terlihat saat hendak melepaskan putra putrinya kembali ke tanah rantau untuk belajar agama.

Baca Juga:
KSOP Palu Antarkan 327 Jemaah Haji Kembali Ke Tolitoli dengan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 89

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting menyampaikan rasa terima kasih kepada BPSDM Perhubungan dan Direktorat Kenavigasian karena telah membantu dalam penambahan armada laut. 

"Tambahan armada laut ini demi mengangkut penumpang pada arus balik mudik lebaran tahun 2023. Kita tahu di wilayah Madura banyak pemudik yang menggunakan angkutan laut, sehingga pihak kami meminta tambahan armada laut untuk kebutuhan arus balik gratis," ucapnya.

Dia mengimbau kepada para santri yang hendak balik pondok untuk mempersiapkan diri dengan cara menjaga kesehatan dan tetap berhati-hati selama perjalanan.

"Intinya tetap mematuhi semua aturan keselamatan pelayaran," pesannya.

Di tempat yang sama, Ketua Santri Ahlussunnah Waljamaah yang Bermasyarakat (Syahmasy) Sapudi, Suwarmo menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perhubungan atas dukungannya karena telah memberikan pelayanan arus balik mudik lebaran gratis kepada santri Pulau Sapudi. 

"Kami ucapkan terima kasih, semoga program ini akan terus menjadi program tahunan," harapnya. 

Dia juga ucapkan terima kasih kepada UPP Kelas III Sapudi yang terlibat membantu dalam proses program arus balik mudik lebaran tahun ini.

Turut hadir dalam upacara pelepasan santri PP Walisongo tersebut Kepala BPSDM Perhubungan, Kepala Pusat SDM Perhubungan Laut, Kepala Pusat SDM Perhubungan Darat, Kepala KSU Tanjung Perak, Direktur Poltekpel Surabaya, Direktur Poltekbang Surabaya.

Kepala KSOP Kelas IV Kalianget, Plt. Kepala Kantor UPP Kelas III Sapudi, serta Putra Pengasuh Pondok Pesantren Walisongo, Lora Ainul Yaqin, dan Tokoh Agama Pulau Sapudi, KH Ach. Murtadla yang turut serta mendampingi para santri yang hendak berangkat. (omy)