Tarif KA Lokal Merak Naik Jadi Rp5000 Mulai 1 Juni 2023

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 03/Mei/2023 14:26 WIB
Rangkaian Kereta Api.(Ist) Rangkaian Kereta Api.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tarif Kereta Api (KA) Lokal Merak akan mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp3000 menjadi Rp5000. Tarif itu flat atau tetap untuk rangkaian yang berjalan sepanjang dari Stasiun Rangkasbitung hingga Stasiun Merak. Hal itu diungkapkan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

"Dapat kami sampaikan penyesuaian tarif. Untuk KRL Jabodetabek itu tetap, tidak ada kenaikan, yang ada penyesuaian adalah KA Lokal Merak dari, yang Rp3000 menjadi Rp5000 dan itu flat," ujar Anne pada konfrensi pers di kantor KAI Commuter, Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga:
Commmuter Line Basoetta Diuji Coba di Stasiun Rawabuaya Mulai 1 Maret, Ada Tarif Promo ke Manggarai-Bandara

Penyesuaian itu dikatakan Anne sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 240 Tahun 2022 tentang Tarif Angkutan Orang Dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi Untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik, maka akan terdapat penyesuaian tarif untuk KA Lokal Merak.

Penyesuaian tarif ini akan berlaku mulai 1 Juni 2023, dengan besaran penyesuaian tarif sebesar Rp. 2000.

Baca Juga:
PT KAI dan KAI Commuter Diminta Terus Berikan Layanan Terbaik

Kenaikan tarif ini diungkapkan Anne juga akan menunjang segala layanan kepada penumpang KA Lokal Merak. 

"Kita mungkin akan melakukan update-update pelayanan dengan adanya bergabung KCI mudah-mudahan kita bisa mengimplementasikan e-tiketing. Nanti kita akan melakukan kerja sama mengenai integrasi," kata Anne.

Baca Juga:
Gangguan KRL Senin Pagi, Sejumlah Perjalanan Terlambat hingga Hampir Satu Jam

Saat ini KAI Commuter dikatakan tengah membuat keperluan untuk menunjang layanan KA Lokal Merak agar mudah bagi penumpang.

"Tapi komitmen dari KAI Commuter sendiri dari kami melihat bagaimana caranya mengimplementasikan e-tiketing, melakukan perbaikan-perbaikan layanan terutama integrasi antarmoda. Karena ini potensial sekali, ada daerah wisata, ada pelabuhan, yang bisa kita kembangkan untuk peningkatan mobilitas masyarakat ke arah Merak," sebut Anne.

Kenaikan penyesuaaian tarif ni dikabarkan akan terjadi juga untuk KA Lokal di Bandung dan  Surabaya. (fahmi)