Diskominfostandi Kota Bekasi Sosialisasi SP4N-LAPOR di Kecamatan Bekasi Barat

  • Oleh : Bondan

Rabu, 03/Mei/2023 23:16 WIB
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi melakukan Sosialisasi SP4N-LAPOR. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi melakukan Sosialisasi SP4N-LAPOR.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi melakukan Sosialisasi SP4N-LAPOR kepada perwakilan masyarakat, ketua RW, RT dan Karang Taruna pada kegiatan rapat mingguan tingkat Kecamatan di 12 Kecamatan se-Kota Bekasi, Rabu (3/5/2023) 

Sosialisasi pertama dilaksanakan pada wilayah Kecamatan Bekasi Barat yang bertempat di Aula Kelurahan Jakasampurna yang dihadiri langsung oleh Camat Bekasi Barat, para Lurah dan 40 peserta perwakilan masyarakat, ketua RW dan RT dari 5 (lima)  Kelurahan wilayah Kecamatan Bekasi Barat.

Adapun tujuan dari sosialisasi tersebut adalah untuk memperkenalkan kanal pengaduan nasional SP4N-LAPOR untuk dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana permohonan informasi, aspirasi dan pengaduan yang disampaikan kepada penyelenggara publik dan dapat ditindaklanjuti. 

SP4N atau Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan juga LAPOR atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat merupakan website pengelolaan pengaduan pelayanan untuk publik yang dikelola oleh Kementerian PANRB dan terintegrasi secara nasional pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik oleh penyelenggara negara.

Dalam pemaparannya, Slamat Gunawan selaku Kepala Bidang Pelayanan Informasi Publik Diskominfostandi Kota Bekasi menyampaikan bahwa seluruh aduan yang telah dikirim melalui aplikasi maupun website SP4N-LAPOR! akan diverifikasi dan ditindaklanjuti. Adapun identitas pelapor akan dirahasiakan, sehingga pelapor tidak perlu khawatir akan informasi pribadinya. 

Sosialisasi ini disambut positif dan penuh antusias oleh warga. Salah satu warga, Roni menyebutkan bahwa pelaporan digital ini merupakan inovasi baru, namun ia juga menyampaikan kekhawatirannya akan aduan yang tidak mendapat solusi karena terlalu menumpuk dengan aduan lain. Menanggapi hal tersebut, Slamat Gunawan menjelaskan kembali terkait SOP penanganan pengaduan masyarakat dan memastikan bahwa semua aduan akan dilayani dengan baik. 

Terakhir Camat Bekasi Barat menyampaikan harapannya agar topik yang dibahas dalam sosialisasi ini dapat diteruskan kembali oleh perwakilan yang hadir kepada masyarakat lainnya di lingkungan masing-masing. (Dan)