India Bangun Jembatan Jalur Kereta Api Tertinggi, Melebihi Menara Eiffel

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 05/Mei/2023 21:02 WIB
Ilustrasi jembatan kereta api. Ilustrasi jembatan kereta api.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - India segera membuka jembatan kereta api tertinggi di dunia. Jembatan kereta api ini setinggi 29 meter atau lebih dari 95 kaki, lebih tinggi dari Menara Eiffel.

Jembatan kereta api ini akan diberi nama Chenab, karena letaknya 359 meter atau sekitar 1.180 kaki di atas Sungai Chenab di Wilayah Jammu dan Kashmir yang kontroversial di India.

Setelah pembangunan konstruksi puluhan tahun, jembatan di India utara ini bakal dibuka untuk pengunjung pada akhir Desember 2023 atau Januari 2024.

Kementerian Perkeretaapian India dalam siaran persnya menyebut, jembatan sepanjang 1.315 meter ini adalah bagian dari proyek yang lebih luas untuk membuat Lembah Kashmir dapat diakses oleh jaringan Kereta Api India.

Selain Jembatan Chenab, proyek yang melibatkan Udhampur-Srinagar-Baramulla Rail Link (USBRL) akan menjadi terowongan transportasi terpanjang di negara tersebut dan jembatan kabel pertama Kereta Api India.

Bagi Perdana Menteri India, Narendra Modi, investasi dalam infrastruktur seperti Jembatan Chenab dan proyek jalur rel yang lebih luas dapat dilihat sebagai alat yang ampuh untuk integrasi sosial dan politik.

Kebijakan ini juga dinilai memberi pengaruh dalam menghubungkan daerah yang berbeda dengan kota-kota utama. Menurut para ahli, menghubungkan Kashmir dengan wilayah India lainnya dengan kereta api secara khusus akan meningkatkan sektor industri dan pertanian di kawasan itu, dengan memungkinkan konektivitas kereta api segala cuaca antara lembah dan wilayah India lainnya.

"Jembatan dan konektivitas yang lebih besar yang ingin diciptakannya akan diproyeksikan oleh New Delhi sebagai kemenangan besar lainnya untuk pembangunan kawasan ini," kata Michael Kugelman, direktur South Asia Institute di Wilson Center, seperti dilansir CNN.

Sebelumnya, satu-satunya jalur darat yang menghubungkan bagian Kashmir yang dikuasai India dengan bagian lain negara itu adalah jalan raya nasional Srinagar-Jammu sepanjang 300 kilometer (185 mil), yang ditutup ketika sebagian daerah diterpa musim dingin. Jalur ini juga sering menjadi lokasi kecelakaan kendaraan.

"Kami mendapat banyak masalah di seberang jalan," kata Anil Kumar Mehendru, wakil presiden Asosiasi Buah Kashmir Baru, kepada CNN. "Begitu kita akan terhubung dengan kereta api ke seluruh India, itu akan menjadi dorongan besar bagi industri ini, pertanian serta buah-buahan," lanjutnya.

Menteri Perkeretaapian India Ashwini Vaishnaw,mengatakan, Jembatan Chenab yang ikonik adalah contoh babak baru dan dimensi pembangunan yang diwujudkan oleh kepemimpinan yang menginspirasi dari pemerintahan saat ini.(fhm)