KRL Jabodetabek Layani 257 Ribu Penumpang Hari Minggu Ini, Kondisi Lengang Besok Dikhawatirkan Membludak

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 07/Mei/2023 17:08 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter mengeluarkan data penumpang KRL Commuterline Jabodetabek.

Tercatat adanya tren kenaikan pengguna di hari kerja pada pekan ke dua Bulan Mei pasca angkutan lebaran. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Hal itu diungkapkan oleh Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (7/6/2023).

Dijelaskan, sepanjang Mei 2023 ini, rata-rata penumpang KRL Jabodetabek sebesar 812.064 orang perhari, dengan volume pada hari kerja pertama usai libur panjang yaitu Selasa (2/5/2023) sebanyak 844.093 orang. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Untuk penumpang pada libur akhir pekan kemarin (29 April – 1 Mei) rata-rata 672.652 orang per hari. Sementara itu, pada Ahad (7/5) ini hingga pukul 15.00 WIB tercatat total penumpang KRL Jabodetabek sebanyak 257.155 orang untuk berakhir pekan.

"Stasiun Bogor merupakan stasiun pemberangkatan dan kedatangan dengan volume terbanyak yaitu 15.580 orang untuk yang berangkat dan 21.635 orang yang tiba di Stasiun Bogor," terang Anne dikutip dari keterangan resmi, Ahad.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

"Sedangkan Stasiun Tanah Abang hingga pada pukul yang sama tercatat sebanyak 5.858 orang yang naik dan 17.526 orang yang turun di stasiun tersebut," sambung Anne.

Melihat selisih penumpang KRL yang cukup besar antara hari kerja dan hari libur akhir pekan, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi KRL yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini.

"Hal itu untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin esok pagi," ungkap Anne.

Saat ini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.111 perjalanan KRL Jabodetabek per hari dengan penambahan 44 KA Feeder di Stasiun transit Manggarai untuk menuju Angke/Kampungbandan atau sebaliknya. 

"Untuk memecah kepadatan flow pengguna yang transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter telah mengoperasikan fasilitas pelayanan tambahan berupa tangga manual di peron 6/7 dan 8/9 Stasiun," ujar Anne.

KAI Commuter mengimbau untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku selama bercommuter.

Mengingat di beberapa daerah Jabodetabek turun hujan, KAI Commuter mengingatkan pengguna untuk membawa payung, jas hujan, dan tidak menggunakan alas kaki yang licin. 

"Untuk perkembangan dan update tentang KAI Commuter melalui akun media sosial resmi @commuterline atau kontak center 021-121," pungkasnya.(fhm)