Taruna STIP Jakarta Jurusan KALK Kunjungi PT Pelabuhan Tegar Indonesia

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 11/Mei/2023 14:06 WIB
foto:istimewa/STIP Jakarta foto:istimewa/STIP Jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Telah dilaksanakan kunjungan ke PT. Pelabuhan Tegar Indonesia oleh taruna/i semester II STIP Jakarta Jurusan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK) pada hari Selasa 9 Mei 2023 s.d 11 Mei 2023 bertempat di PT. Pelabuhan Tegar Indonesia yang di dampingi Kepala Jurusan dan Sekretaris Jurusan.

Kegiatan pada ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempelajari secara objektif situasi dan kegiatan PT. Pelabuhan Tegar Indonesia sehingga diharapakan Taruna/i dapat mengetahui alokasinya di lapangan dari materi materi pembelajaran yang telah taruna terima selama perkuliahan.

Di PT. Pelabuhan Tegar Indonesia, Taruna/i di berikan pengarahan terlebih dahulu tentang Sejarah, Visi/Misi dan kegiatan dari PT. Pelabuhan Tegar Indonesia.

Baca Juga:
STIP Jakarta Buka Puasa Bersama Sekaligus Santuni Anak Yatim

PT Pelabuhan Tegar Indonesia asalah sebuah perusahaan pelabuhan yang didirikan pada tahun 2011 berdasarkan persetujuan Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 1 Agustus 2011. dengan tujuan memperkuat struktur kapitalisasi dan profesionalisme manajemen pelabuhan, perjanjian investasi dan joint venture ditandatangani pada 24 Mei 2013, antara PT. Tanjung Pramuka, PT. Multikarya Hasilprima dan Jurong Port Marunda Holdings, divisi jurong Port Singapura.

Dalam hal izin dan lisensi, Marunda Center Terminal memperoleh izin sebagai operator pelabuhan terminal khusus pada tanggal 27 Februari 2014, dan kemudian pada tanggal 24 Mei 2017, Marunda Centre Terminal menandatangani Perjanjian Koneksi dengan Menteri Transportasi, Kantor Marunda Harbormaster dan Otoritas Pelabuhan (KSOP Marunda) sebagai Terminal Publik.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Taruna/i diajak mengunjungi pelabuhan dan melihat secara langsung proses bongkar muat yang sedang terjadi, baik dari Liquid Bulk hingga Dry Bulk. Beberapa taruna/i diajak secara langsung untuk melihat bagian dalam kapal Liquid Bulk dan Dry Bulk untuk mengetahui cara kerja dibagian atas kepal dengan memasuki ruangan pengendali.

Taruna/i STIP JAKARTA juga diberikan pembekalan materi secara lisan mengenai kapal sandar, alur pelayaran, pengurasan kapal liquid bulk dan persyaratan kapal sandar serta proses kapal keluar.(ahmad)
 

Baca Juga:
Jelang Ramadhan STIP Jakarta Gelar Tradisi Munggahan dan Silaturahmi