Gapeka Baru, KA Gumarang Pasar Senen - Surabaya Ganti Jadwal Berangkat Jadi Jam 20.45 WIB Mulai 1 Juni 2023

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 12/Mei/2023 19:00 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan, termasuk di wilayah Daerah Operasi 1 Jakarta mulai 1 Juni 2023.

Hal tersebut memberikan sejumlah manfaat bagi pengguna jasa KA seperti waktu perjalanan kereta api yang semakin singkat dan penambahan jumlah perjalanan KA. 

Baca Juga:
Waktu Tunggu KRL di Jalur Bekasi/Cikarang arah Jatinegara Semakin Cepat, Kereta Tiba Setiap 7 Menit Sekali

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. 

"Pemberlakuan Gapeka 2023 memberikan manfaat yang dapat langsung dirasakan pelanggan yakni efisiensi waktu perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen," jelas Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Jumat (12/5/2023).

Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh sebesar total 2.512 menit per hari. Rinciannya, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi. 

Salah satu KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit, dari sebelumnya 7 jam 44 menit menjadi 6 jam 55 menit. 

Ada juga KA Fajar Utama Solo relasi Pasarsenen-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 50 menit, dari sebelumnya 8 jam 30 menit menjadi 7 jam 40 menit. 

Selain itu, pada Gapeka 2023 akan terdapat 3 penambahan perjalanan KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta, sehingga total perjalanan dari 141 KA akan menjadi 144 KA. 

Berikut daftar 3 KAJJ baru yang mulai beroperasi saat Gapeka baru diberlakukan pada 1 Juni 2023 : 

1. KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB 

2. KA Manahan relasi Gambir – Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB 

3. KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya Pasarturi - Jember keberangkatan pukul 20.05 WIB 

"Secara total, terdapat penambahan 62 perjalanan KA di area Daop 1 Jakarta dari semula 1.462 KA menjadi 1.524 KA. Penambahan perjalanan lainnya yakni KA Lokal dan KRL," kata Eva.

Melalui Gapeka 2023 yang akan diberlakukan pada 1 Juni 2023 sejumlah jadwal perjalanan KAJJ juga mengalami perubahan jam keberangkatan. Sebagai contoh KA Gumarang relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi yang semula berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023 nanti akan berangkat pada pukul 20.45 WIB. 

Seluruh calon penumpang dihimbau agar memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipilih sebelum melakukan transaksi pembelian tiket dan agar memperhatikan jadwal keberangkatan yang sudah dipilih, seluruh calon pengguna KAJJ dihimbau agar mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun sehingga diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah resiko salah satu nya terlambat boarding atau tertinggal KA. 

"Untuk perencanaan perjalanan yang baik, masyarakat disarankan sudah membeli tiket sejak jauh hari, mengingat tiket sudah dapat dibeli sejak 30 hari sebelum jadwal keberangkatannya (H-30)," imbau Eva.

Pengecekan jadwal keberangkatan KA, ketersediaan tempat duduk dan pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, ataupun channel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI. 

Sebelumnya, pemberlakuan Gapeka 2023 dilatarbelakangi beberapa faktor di antaranya yakni jalur ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan seperti di lintas Gedebage - Haurpugur, pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung-Bekasi, peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120 km/jam, perubahan sistem persinyalan, serta pengoperasian Bangunan Hikmat (BH) 1120 lintas Bumiayu - Linggapura. 

KAI berharap pelanggan kereta api akan semakin meningkat dengan adanya berbagai peningkatan pelayanan seperti waktu perjalanan yang semakin singkat dan penambahan jumlah perjalanan kereta api melalui pemberlakuan Gapeka 2023 ini. (Fhm)