Mulai 1 Juni 2023, Ada 3 Perjalanan Baru dari Stasiun Gambir Seiring dengan Penerapan Gapeka Baru

  • Oleh : Fahmi

Senin, 15/Mei/2023 10:39 WIB
Ilustrasi foto (dok.KAI) Ilustrasi foto (dok.KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia atau KAI bakal memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni mendatang. Hal ini pun turut berimbas pada jadwal perjalanan kereta salah satunya di wilayah Daop 1 Jakarta. 

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan Gapeka 2023 ini akan menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan.  

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Tambahan Relasi Pasarsenen-Solo Balapan, Ini Jadwalnya!

"Hal tersebut memberikan sejumlah manfaat bagi pengguna jasa KA seperti waktu perjalanan kereta api yang semakin singkat dan penambahan jumlah perjalanan KA," kata Eva melalui keterangan resminya, Jumat 12 Mei 2023. 

Adapun Gapeka, kata Eva, merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.  

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan Lebih 827 Ribu Penumpang KAJJ Selama Angkutan Lebaran 2024

Eva menambahkan, dengan diberlakukannya Gapeka 2023 pelanggan akan merasakan dampaknya yakni efisiensi waktu perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

"Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh sebesar total 2.512 menit per hari," kata Eva. 

Baca Juga:
Ketepatan Waktu Keberangkatan KA dari Daop 1 Jakarta Bernilai 99,25 Persen dan Kedatangan 93,63 Persen

Adapun rinciannya adalah efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.  

"Salah satu KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit, dari sebelumnya 7 jam 44 menit menjadi 6 jam 55 menit," kata Eva. (fhm)