Membanggakan, Sertu Ratna Sari Devi Petinju Wanita TNI AD Raih Perak di SEA Games 2023, di Final Ketemu Petinju Olimpiade Tokyo

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 19/Mei/2023 09:40 WIB
Srikandi TNI AD yang tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) Sertu (K) Ratna Sari Devi berhasil mengharumkan nama bangsa di SEA Games 2023.  Srikandi TNI AD yang tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) Sertu (K) Ratna Sari Devi berhasil mengharumkan nama bangsa di SEA Games 2023. 

KAMBOJA (BeritaTrns.com) - Srikandi TNI AD yang tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) Sertu (K) Ratna Sari Devi berhasil mengharumkan nama bangsa di SEA Games 2023. 

Perempuan yang berdinas di Puspalad ini meraih medali perak pada partai final tinju kelas bulu 57 kilogram putri saat berhadapan dengan Nesthy Alcayde Petecio (Filipina). 

Meski kalah sepanjang ronde dan sekali mendapat hitungan dari wasit, Ratna Sari bertarung bersih tanpa pelanggaran dan itu menjadi catatan spesial pada penampilan finalnya yang hebat. 

Sementara, Petacio yang merupakan petinju kelas Olimpiade berkali-kali melakukan pelanggaran dengan memukul terlalu rendah sampai tiga kali, memukul dengan sarung tinju terbuka, dan membalikkan tubuh. 

Petinju kidal ini sampai empat kali mendapat peringatan pada ronde kedua dan ketiga. Capaian medali perak yang diraih Ratna Sari merupakan hasil maksimal yang diperolehnya. 

Pasalnya, lawan yang dihadapinya di partai final merupakan pemegang medali perak Olimpiade Tokyo 2021. 

Ratna Sari Devi berhasil melaju ke babak final setelah pada pertandingan semi final mengalahkan petinju Myanmar, Shu Myat Noe. 

Ratna meraih kemenangan mutlak sepanjang tiga ronde. Setelah pertandingan, Ratna Sari mennyampaikan rasa senangnya dapat mempersembahkan medali bagi Indonesia, walaupun pada partai final dikalahkan atlet tinju Filipina. 

“Harapannya sih, dapat medali emas, namun lawan yang saya hadapi memang sangat tangguh dan peraih perak Olimpiade 2021 di Jepang. Saya bersyukur dapat mempersembahkan medali perak bagi Kontingen Indonesia, juga bagi TNI Angkatan Darat, terima kasih atas dukungan semuanya. Semoga pada event lainnya bisa mempersembahkan medali lagi bagi Indonesia," ujarnya dikutip dari tniad.mil.id, Kamis (18/5/2023). 

Hengky Manajer Tim Tinju Putri Indonesia cukup puas dengan penampilan Ratna Sari Devi selama bertanding di SEA Games Kamboja 2023 ini. Petinju wanita asal DKI Jakarta ini tampil memukau hingga masuk babak final.

“Penampilan Ratna Sari Dewi selama bertanding di SEA Games Kamboja ini cukup memuaskan. Raihan medali perak sudah sangat maksimal, karena lawannya di final juga merupakan peraih medali perak Olimpiade 2021 pada kelasnya. Kami semua sangat bangga pada Ratna,“ tutupnya. (ds/sumber Sindonews.com)