Yeay, Penerbangan di Bandara Kertajati Makin Bergairah

  • Oleh : Naomy

Senin, 22/Mei/2023 19:06 WIB
Suasana terminal keberangkatan Bandara Kertajati Suasana terminal keberangkatan Bandara Kertajati

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Yeay, penerbangan di Bandara Kertajati (Majalengka, Jawa Barat) pada tahun ini semakin bergairah. 

Baca Juga:
Digital Talent, Penopang Strategi Transformasi Digital Tingkat Nasional

Pada 18 Mei 2023, AirAsia membuka penerbangan langsung (direct flight) dari Bandara Kertajati menuju Kuala Lumpur, Malaysia. 

Penerbangan dari Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur ini dioperasikan secara reguler oleh AirAsia setiap Rabu dan Ahad menggunakan pesawat berbadan sedang (narrow body) Airbus A320. 

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Sebelumnya, Bandara Kertajati telah melayani penerbangan internasional lainnya menuju Arab Saudi yang dioperasikan Lion Air dan Garuda Indonesia untuk mengantar para jemaah umrah dengan pola charter. 

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh stakeholder di Bandara Kertajati berkomitmen ll mengakomodir permintaan penerbangan yang semakin tumbuh pada tahun ini. 

Baca Juga:
Tahun 2024, Bandara SMB II Palembang Target Layani 2,7 Juta Penumpang

“AP II selaku operator Bandara Kertajati memastikan kesiapan personel serta seluruh fasilitas untuk mendukung semakin meningkatnya penerbangan pada tahun ini. Koordinasi erat juga dilakukan dengan setiap stakeholder," ungkap Awaluddin, Senin (22/5/2023).

Bersama stakeholder, AP II berupaya untuk menangkap peluang pada periode pemulihan penerbangan pascapandemi sehingga Bandara Kertajati dapat semakin optimal melayani penerbangan bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya, serta berkontribusi dalam memperkuat konektivitas penerbangan di Indonesia.

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda menuturkan, tingkat keterisian penumpang (load factor) di rute Bandara Kertajati - Kuala Lumpur yang dioperasikan AirAsia cukup baik. 

“Pada penerbangan kemarin (21/5/2023) penerbangan AirAsia dari Kuala Lumpur menuju Bandara Kertajati membawa 108 penumpang. Kami bersama maskapai akan berupaya untuk terus meningkatkan jumlah penumpang di rute internasional ini, dan mempromosikan pariwisata Jawa Barat,” jelas Nuril. 

Dia mengungkapkan, setelah AirAsia nantinya akan ada lagi maskapai yang membuka penerbangan Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur. 

“Pengajuan slot time sudah ada dari Super Air Jet untuk mengoperasikan penerbangan ke Kuala Lumpur pada Juni 2023,” ujarnya.

Garuda kata dia, juga sudah mengajukan permohonan untuk melayani penerbangan umrah secara reguler pada Agustus. 

Garuda rencananya mengoperasikan penerbangan umrah setiap Sabtu mulai 5 Agustus 2023 secara reguler.

AP II memastikan koordinasi terus dilakukan dengan maskapai dan stakeholder lainnya terkait rencana pembukaan sejumlah rute penerbangan ini. 

Bandara Kertajati merupakan bandara di bawah PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Adapun pemegang saham di BIJB adalah Pemprov Jawa Barat dan PT Angkasa Pura II. (omy)