InJourney dan TWC Dukung Persiapan Perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE di Kawasan Candi Borobudur

  • Oleh : Naomy

Rabu, 24/Mei/2023 07:24 WIB
Dukungan InJourney dan WTC di kawasan Candi Borobudur Dukungan InJourney dan WTC di kawasan Candi Borobudur


JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney dan anak usaha PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), dukung persiapan pelaksanaan perayaan Tri Suci Waisak 2567 Buddhist Era (BE). 

Perayaan nasional yang dipusatkan di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini merupakan momen penting untuk menyatukan semangat kolaborasi berbagai pihak dan elemen masyarakat guna mendorong Candi Borobudur sebagai destinasi pariwisata spiritual yang mendunia.
 
Ribuan umat dan masyarakat bakal hadir untuk mengikuti prosesi sakral upacara Waisak di destinasi warisan budaya dunia ini.
 
InJourney bersama TWC selaku pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko memastikan kesiapan sarana dan prasarana untuk menerima kehadiran ribuan umat dan masyarakat yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan Waisak di kawasan Candi Borobudur. 

Baca Juga:
Mantap, Konser Westlife di Candi Prambanan Sedot Lebih dari 8.000 Penonton

TWC terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik Pemda, Dinas terkait dan organisasi masyarakat untuk berperan aktif dalam menyukseskan perayaan ini yang kemudian diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi bagi kawasan sekitarnya.
  
Sebagai rangkaian dalam kegiatan Waisak tahun ini, InJourney dan TWC turut mengapresiasi kegiatan perjalanan spiritual sebanyak 32 orang Bhikkhu Thudong dengan mengadakan peliputan dan mengiringi perjalanan tersebut sampai dengan tujuan akhir di Candi Borobudur.

Masyarakat menyambut hangat perjalanan spiritual ini sejak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga nanti mencapai Candi Borobudur jelang momen puncak Waisak pada 4 Juni 2023.
 
“Candi Borobudur merupakan bingkai yang merajut semangat toleransi dan kebersamaan untuk mewujudkan upacara Waisak yang khidmat, kondusif, dan nyaman bagi umat maupun masyarakat yang antusias mengikuti prosesinya. Momen ini menjadi simbol kebangkitan nilai-nilai spiritual Borobudur, menggaungkan semangat toleransi dalam keberagaman masyarakat Indonesia untuk mewujudkan harmonisasi dalam keberagaman,” terang Direktur Utama PT TWC Febrina Intan, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga:
Libur Waisak, Pengunjung Candi Borobudur Naik 63%

Hal tersebut juga selaras dengan upaya InJourney sebagai induk Holding Pariwisata dan Pendukung dalam upaya untuk mengembangkan serta mempromosikan spiritual tourism destination pada Candi Borobudur. 

“Kami ingin menjadikan Candi Borobudur sebagai salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sebagai destinasi spiritual yang dikenal di mata dunia dengan mengusung konsep Heritage in Harmony,” ujar Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney.

Baca Juga:
Candi Borobudur Sukses jadi Pusat Perayaan Waisak dan Sedot Wisatawan

Dengan mengusung konsep ini berarti menghargai Candi Borobudur sebagai peninggalan bersejarah yang juga termasuk UNESCO World Heritage Site. 

Hal ini diharapkan dapat membangun keharmonisan baik harmoni spiritual dalam diri dan semesta, harmoni sesama dalam keberagaman, juga harmoni semua stakeholders terkait baik komunitas dan institusi yang memiliki tujuan yang sama dalam menjaga dan memelihara Candi Borobudur.

"Ini semua karena Candi Borobudur adalah milik kita bersama kebanggaan bangsa Indonesia," ungkapnya. 

Tentunya dengan digelarnya rangkaian perayaan Tri Suci Waisak ini akan menjadi manifestasi posisi Candi Borobudur sebagai destinasi wisata spiritual dan menjadi katalis pariwisata dunia untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar Candi Borobudur. 

Maya menambahkan, perayaan Tri Suci Waisak tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Setelah melewati pandemi, di tahun ini wisatawan dapat menyaksikan rangkaian kegiatan Waisak di Candi Borobudur yang lebih beragam dari tahun sebelumnya. 

Berkolaborasi dengan TWC dan Walubi, di Candi Borobudur telah disiapkan berbagai kegiatan side event oleh Walubi. 

Di antaranya Bakti Sosial (Pengobatan Gratis), Nyingma Monlam Indonesia, Festival Merti Karuna Bumi, Borobudur World Peace & Prosperity Event, Festival Bhumi Mandala, Festival Larung Pelita Purnama Sidhi, Pawai Budaya Padmastana dari Candi Mendut ke Candi Borobudur dan Lomba Fotografi.

Selain itu, TWC juga menyiapkan program side event pendukung "Purnama" di antaranya Pasar Rakyat yang akan menghadirkan UMKM, launching film Muarajambi Bertutur hingga launching buku tentang Borobudur.

Pada puncaknya, bersama-sama dengan Panitia Waisak akan diselenggarakan Seremonial Pelepasan Lampion, yang diikuti oleh sebagian umat serta berbagai lapisan dan elemen masyarakat sebagai penutup rangkaian kegiatan perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE di Candi Borobudur. (omy)