Mulai 1 Juni 2023, Perjalanan Commuter Line Cikarang Lebih Cepat jadi 95 Km/Jam

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 25/Mei/2023 20:36 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mulai 1 Juni 2023, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter Line sesuai dengan Gapeka 2023. Dalam Gapeka tahun ini, terdapat beberapa penyesuaian perjalanan Commuter Line, khususnya Commuter Line Cikarang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, penyesuaian perjalanan Commuter Line Cikarang dilakukan seperti dengan peningkatan kecepatan perjalanan dari semula 70 km per jam menjadi 95 km per jam dengan headway rata-rata menjadi 9 menit dari yang sebelumnya 12 menit. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Selain itu, KAI Commuter juga akan memperpanjang 6 perjalanan feeder relasi Cikarang-Bekasi pp menjadi relasi Cikarang-Manggarai-Kampung Bandan. 

"Nantinya per 1 Juni 2023 akan ada 282 perjalanan Commuter Line Cikarang dengan 28 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut," ujar Anne, Kamis (25/5/2023).

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Stasiun Cikarang merupakan salah satu stasiun transit yang memudahkan pengguna Commuter Line Jatiluhur, Commuter Line Walahar, serta kereta jarak jauh yang akan melanjutkan perjalanan dengan Commuter Line Cikarang. 

Dengan semakin mudahnya konektivitas antara Commuter Line Cikarang dengan Commuter Line Jatiluhur dan Commuter Line Walahar, diharapkan mampu memudahkan mobilitas para pengguna Commuter Line. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Selain itu, KAI Commuter berharap dapat terus meningkatkan volume pengguna hingga mencapai lebih dari 1 juta pengguna per hari. (Fhm)