KCI Optimalisasi dan Lakukan Penyesuaian Perjalanan Commuter Line Rangkasbitung Mulai 1 Juni 2023

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 26/Mei/2023 16:38 WIB
Rangkaian KRL.(Ist) Rangkaian KRL.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pada pemberlakuan Gapeka 2023 mulai 1 Juni nanti, KAI Commuter akan melakukan penyesuaian-penyesuaian operasional pelayanan perjalanan Commuter Line. 

Khusus pada perjalanan Commuter Line Rangkasbitung dan Commuter Line Merak, KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta beserta DJKA Kemenhub telah melakukan pengembangan dan peningkatan keandalan Prasarana untuk menghadapi pemberlakuan Gapeka baru ini. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

VP Corporate Secretary KAI Commuter 
Anne Purba mengatakan, penyesuaian perjalanan Commuter Line Rangkasbitung pada pemberlakuan Gapeka 2023 nanti, dilakukan dengan memperkecil rata-rata headway atau waktu tunggu antar perjalanan kereta pada lintas Rangkasbitung – Parungpanjang selama 4 menit yang sebelumnya memiliki headway 19 menit.

"Pada lintas Parungpanjang – Serpong nantinya memiliki headway selama 12 menit yang sebelumnya selama 13 menit atau lebih cepat 1 menit," tambah Anne dikutip dari keterangan resmi, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Selain memperkecil headway, pada pemberlakuan Gapeka baru ini KAI Commuter juga melakukan optimalisasi relasi perjalanan Commuter Line Rangkasbitung. 

"KAI Commuter akan melakukan perpanjangan relasi pada 16 perjalanan feeder relasi Rangkasbitung – Parungpanjang PP menjadi relasi Rangkasbitung-Tanah Abang PP," ujar Anne.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Nantinya per 1 Juni 2023 KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 221 perjalanan Commuter Line Rangkasbitung dengan 21 rangkaian yang akan melayani pengguna di lintas tersebut.

Dengan perpanjangan relasi tersebut, penyesuaian-penyesuain jadwal pemberangkatan di stasiun pemberangkatan awal lainnya untuk menuju Stasiun Tanahan Abang juga dilakukan. Seperti di Stasiun Tigaraksa, sebelumnya di stasiun tersebut terdapat 3 pemberangkatan awal di pagi hari pada pukul 04.15 WIB, 05.45 WIB dan 08.05 WIB, mulai 1 Juni 2023 nanti akan berubah menjadi pukul 04.20 WIB,  07.10 WIB dan 08.40 WIB. 

Sementara itu untuk stasiun-stasiun pemberangkatan lainnya seperti Stasiun Parungpanjang dan Stasiun Serpong untuk menuju Stasiun Tanah Abang pada jam sibuk pagi, dilakukan penyesuaian jadwal 5-20 menit dari waktu pemberangkatan sebelumnya.     

Khusus di Stasiun Rangkasbitung yang juga merupakan salah satu stasiun transit, KAI Commuter juga melakukan penyesuaian untuk konektivitas intermoda yang memudahkan pengguna Commuter Line Merak dengan relasi Rangkasbitung-Merak PP yang akan melanjutkan perjalanan dengan Commuter Line Rangkasbitung untuk menuju daerah-daerah sekitar Serpong dan Jakarta maupun sebaliknya.

Untuk memudahkan pengguna yang akan melanjutkan perjalanan baik untuk Commuter Line Merak maupun Commuter Line Rangkasbitung, KAI Commuter telah mengintegrasikan jadwal-jadwal pemberangkatan aaupun kedatangan antara perjalanan di Stasiun Rangkasbitung. 

Berikut Tabel perbandingan perjalanan Commuter Line Rangkasbitung dengan Commuter Line Merak untuk memudahkan pengguna yang akan melanjutkan perjalanan:


"Dengan semakin mudahnya konektivitas antara Commuter Line Rangkasbitung dengan Commuter Line Merak, diharapkan mampu memudahkan mobilitas para pengguna Commuter Line sehingga dapat terus meningkatkan volume penggunanya," imbuh Anne. 

Sebagai catatan, sepanjang tahun 2023 ini tercatat rata-rata volume lintas pengguna Commuter Line Rangkasbitung per hari sebanyak 156.951 orang.   

KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta khususnya mulai 1 Juni 2023 mendatang. 

Untuk jadwal terbaru perjalanan commuterline dapat diakses melalui aplikasi C-Access dan KAI Access. Selain itu, dapat juga melalui website commuterline.id, akun media sosial @commuterline dan Contact Center 021-121. (Fhm)