Pelindo Multi Terminal Sertifikasi SDM Loading Master Pelabuhan

  • Oleh : Naomy

Senin, 29/Mei/2023 17:32 WIB
Pelatihan SDM Pelindo Multi Terminal Pelatihan SDM Pelindo Multi Terminal

MEDAN (BeritaTrans.com) - Terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan kompetensi pekerja sebagai bagian dari upaya menghadirkan jasa kepelabuhanan terbaik, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mengelola segmen terminal nonpetikemas di Indonesia beri pelatihan sertifikasi Loading Master di Grha Pelindo, Mei 2023. 

Kegiatan dibuka Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto dan diikuti oleh 20 pekerja operasional dari SPMT Branch Terminal Belawan, Dumai, Bagendang, serta Trisakti. 

Baca Juga:
Penerapan Sistem PTOS-M di Terminal Jamrud, Nilam dan Mirah, Surabaya Dorong Capaian Kinerja Positif SPMT

Pelatihan diselenggarakan PT Pendidikan Maritim & Logistik Indonesia (PMLI) bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) 

Dia menekankan komitmen Pelindo Multi Terminal kepada pengembangan kompetensi pekerja khususnya operasional di pelabuhan. 

Baca Juga:
SPMT Optimalkan Layanan Bongkar Muat di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak

"Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan bentuk kesungguhan SPMT meningkatkan kualitas SDM agar kinerja pelabuhan menjadi lebih profesional, efisien, dan terstandarisasi," tuturnya, Senin (29/5/2023).

Selain itu, ditekankan juga bahwa peningkatan kompetensi dan sertifikasi pekerja ini menjadi upaya untuk menghadirkan peningkatan layanan yang mendukung Penetapan Terminalisasi Curah di SPMT Branch Terminal Belawan, Dumai, Bagendang, serta Trisakti yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:
Tangani Bongkar Muat Kargo Bulog, SPMT Siapkan ini

“Penetapan terminalisasi adalah bentuk komitmen SPMT untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, dan momentum ini menjadi langkah inisiasi Terminal SPMT di Pelabuhan lainnya untuk dapat terus meningkatkan level of service sesuai kebutuhan customer," jelas Edi.

Farid Chairmawan selaku VP Komunikasi Korporasi PT Pelindo Multi Terminal menambahkan, pelatihan sertifikasi Loading Master yang digelar selama empat hari itu, terbagi atas dua sesi yakni pelatihan dan ujian praktik. 

"Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi Loading Master bagi pekerja yang disampaikan oleh pemateri Capt. Teguh Iman, yang dilanjutkan dengan ujian praktik dan asesmen yang dilakukan dengan asesor dari BNSP," terang Farid. 

Loading Master sendiri merupakan suatu profesi khusus yang bertanggungjawab penuh atas keselamatan dan keamanan dalam penanganan kapal selama berada di Terminal dan melaksanakan kegiatan Loading atau Disharging Muatan. (omy)