Jadwal Layanan Nambah, KA Bandara Soetta Bisa Dinaiki Penumpang KRL Batu Ceper-Manggarai Mulai 1 Juni 2023

  • Oleh : Fahmi

Senin, 29/Mei/2023 19:24 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter sebagai operator Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta/ Soetta (Basoetta), pada 1 Juni 2023 ini akan menambah operasional layanan KA Bandara menjadi 65 perjalanan. 

Jumlah tersebut lebih banyak 16 perjalanan jika dibanding dari sebelumnya.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Layanan KA Bandara juga diharapkan bisa mengurai kepadatan penumpang KRL atau alternatif bagi pengguna KRL yang ingin menuju stasiun Transit Manggarai. 

"Menambah perjalanan kereta bandara di Manggarai. Keberangkatan di Manggarai sebanyak 56 kereta ini juga memudahkan masyarakat untuk berpergian ke bandara," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada kenferensi pers di kantor KAI Commuter Juanda, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Dikatakan Anne, dengan konektivitas KA Bandara yang berhenti di Stasiun Duri, BNI City dan Batu Ceper, penumpang KRL yang menuju Stasiun Transit Manggarai bisa menggunakan KA Basoetta tersebut. Artinya, penumpang KRL yang tidak ingin transit di Stasiun Tanah Abang dan ingin langsung ke Manggarai bisa menggunakan KA Basoetta. 

"Kepada commuter yang ingin transit di Stasiun Manggarai tetapi ingin menggunakan kereta bandara, itu bisa dilayani untuk naik turun di Ceper maupun Duri sebagai alternatif," terang Anne. 
 
"Ini bisa dimaksimalkan ini oleh pengguna commuter yang memang transit menggunakan kereta bandara yang tidak mau transit di Tanah Abang lagi bisa menggunakan kereta bandara," kata Anne.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Untuk akses KA Basoetta saat ini sudah bisa menggunakan tiket Kereta Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik dan juga menggunakan KAI Access,  Penumpang bisa mendapatkan tiket promo KA Basoetta mulai dari Rp25 ribu. Sedangkan tarif normal yaitu Rp75 ribu.

Anne berharap dengan penambahan layanan ini, KA Bandara bisa melayani 10.000 penumpang per hari. Yang sebelumnya anga penumpang tertinggi saat ini di angka 7000 penumpang per hari.

"Kami berharap dari layanan 56 perjalanan ini bisa melayani 10.000 penumpang yang menuju dan keluar per hari," kata Anne.  

Dari sebanyak 56 perjalanan Commuter Line Basoetta relasi Stasiun Manggarai-Basoetta PP, terdapat 28 perjalanan dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Basoetta mulai pukul 05:00 WIB hingga pukul 21:30 WIB dan 28 perjalanan dari Stasiun Basoetta menuju Stasiun Manggarai mulai pukul 06:15 WIB hingga 22:45 WIB.

Selain penambah perjalanan, pada pemberlakuan ini juga berdampak pada perubahan kecepatan perjalanan kereta api ditingkatkan menjadi 75 Km/jam yang sebelumnya 70 Km/jam.

Penambahan kecepatan ini juga berbanding lurus dengan waktu tempuh perjalanan Commuter Line Basoetta dari Stasiun Manggarai – Stasiun Basoetta atau sebaliknya menjadi 52 menit atau lebih cepat 4 menit dari waktu tempuh sebelumnya. 

Pada pelayanan perjalanan Commuter Line Basoetta nantinya juga memiliki headway atau waktu tunggu antar perjalanan selama 30 menit. 

KAI Commuter saat ini juga sedang melakukan kajian tentang kounter Check in tiket pesawat di stasiun kelolaannya. KAI Commuter perlu melakukan langkah serius kepada Angkasa Pura dan oerator penerbangan terkait hal ini.(fahmi)