Check In Tiket Pesawat dari Stasiun Commuter, Ini Dia Lokasi Strategis Menurut KCI

  • Oleh : Fahmi

Senin, 29/Mei/2023 23:56 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Rencana check in tiket pesawat dari stasiun kereta api diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

KAI Commuter atau KCI sebagai operator Kereta Bandara Soekarno-Hatta saat ini sedang mengkaji stasiun mana yang cocok untuk menjadi area Check in penumpang yang hendak terbang.

Baca Juga:
KCI dan Balai Perawatan Perkeretaapian DJKA Kerja Sama Operasikan Depo KRL Solo Jebres

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti arahan dari Menhub pada saat kunjungan bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Stasiun BNI City Ahad (28/5/2023) kemarin.

"Kami sedang melakukan kajian, stasiun mana yang paling tepat untuk dilakukan check in. Tapi sementara ini, yang sudah mungkin hampir pasti itu di BNI City," ujar Anne kepada media saat konferensi pers di kantor KAI Commuter Juanda, Jakarta Pusat, Senin (29/5/2023).

Baca Juga:
Raih Prestasi Internasional, KAI Commuter Dapat 7 Medali di Ajang Contact Center World 2024 Australia

Anne mengatakan pihaknya juga perlu berkomunikasi ke PT Angkasa Pura (Persero) dan operator penerbangan.

"Dan nanti jadwal-jadwalnya juga harus kami sesuaikan dengan jadwal kereta bandara," kata Anne.

Baca Juga:
KAI Commuter Tegas Berpihak ke Korban dan Pelecehan Seksual sebagai Kejahatan Serius

Ditanya perihal target realisasi check in di Stasiun BNI City, Anne tidak bisa memastikan. Namun, pihaknya langsung pada hari ini mengecek kondisi stasiun tersebut pasca penambahan kereta bandara ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini kan perlu koneksi ke kesiapan Garuda Indonesia, mana dulu, Lion Air, lainnya. Jadi target paling dekat menemui operator," tutur Anne.

Sebelumnya, menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, penumpang kereta bandara dari luar kota membutuhkan fasilitas tertentu. Misalnya, layanan check in penerbangan yang memudahkan penumpang dengan banyak barang.

"Salah satu yang kami pikirkan adalah bagaimana check in itu tidak lagi di Bandara, tapi di stasiun kereta api, baik itu di Manggarai atau di Bekasi contohnya," ungkap Budi Karya di Stasiun BNI City, Jakarta Selatan pada Ahad, (28/5/2023).

Layanan yang sama, kata Budi Karya, juga akan dibuat dari Bandara menuju Jakarta. Dengan begitu, penumpang tak perlu mengangkut barangnya sendiri.

Budi Karya menjelaskan, penumpang hanya tinggal pergi ke satu konter, sehingga barang mereka sudah terkumpul di satu tempat. Dia melanjutkan, pemerintah akan membuat sistem yang memberikan kemudahan seperti itu.(fhm)