Penumpang Harus Ingat! Perjalanan Kereta Api Mulai Besok Banyak Alami Perubahan

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 31/Mei/2023 10:37 WIB
Penumpang kereta api. (Foto:Humas KAI) Penumpang kereta api. (Foto:Humas KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir dihimbau agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya.

Mulai Kamis besok, 1 Juni 2023, Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta. 

Baca Juga:
Sebanyak 496.700 Tiket Kereta Api Angkutan Mudik Lebaran Sudah Terjual Hingga Hari Ini

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

"Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, di antaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Rabu (31/5/2023).

Baca Juga:
KAI Telah Jual 394.421 Tiket Kereta Api Masa Angkutan Lebaran

Dijelaskan, sejumlah jadwal KAJJ baik itu keberangkatan maupun kedatangan juga akan mengalami perubahan mulai 1 Juni 2023. 

"KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada seluruh Pelanggan KA yang sudah membeli tiket untuk keberangkatan pada tanggal 1 Juni dan setelahnya agar memeriksa kembali jadwal keberangkatannya sehingga tidak tertinggal ataupun salah naik KA," kata Eva.

Baca Juga:
KAI Daop Jakarta Ingatkan Penggunaan Stop Kontak di Kereta Api hanya untuk Gadget

Sebagai contoh KA Gumarang relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi yang semula berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023 nanti akan berangkat pada pukul 20.45 WIB.

Eva mengimbau bagi penumpang yang tiba di stasiun keberangkatan agar selalu memperhatikan pengumuman-pengumuman yang disampaikan oleh Petugas Stasiun. 

"Seluruh calon pengguna KAJJ juga dihimbau agar mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun sehingga diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah resiko salah satu nya terlambat boarding atau tertinggal KA," kata Eva.

Pemberlakuan Gapeka baru juga memberikan sejumlah manfaat yang langsung dapat dirasakan pelanggan seperti efisiensi waktu perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. 

"Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh sebesar total 2.512 menit per hari. Rinciannya, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi," jelas Eva.

Eva mengatakan, salah satu KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit, dari sebelumnya 7 jam 44 menit menjadi 6 jam 55 menit. Ada juga KA Fajar Utama Solo relasi Pasarsenen-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 50 menit, dari sebelumnya 8 jam 30 menit menjadi 7 jam 40 menit. 

Pada Gapeka 2023 akan terdapat 4 penambahan perjalanan KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta, sehingga total perjalanan menjadi 144 KA. 

4 Kereta Api Baru

Berikut daftar 4 KAJJ baru yang mulai beroperasi saat Gapeka baru diberlakukan pada 1 Juni 2023 : 

1. KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB 
2. KA Manahan relasi Gambir – Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB 
3. KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya Pasarturi - Jember keberangkatan pukul 20.05 WIB 
4. KA Argo Merbabu relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, keberangkatan pukul 14.20 WIB 

Selain itu saat Gapeka baru diberlakukan pada 1 Juni, terdapat 4 KA Jarak Jauh (KAJJ) pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara. Sebelumnya, Stasiun Jatinegara hanya melayani turun penumpang KAJJ. 

Stasiun Keberangkatan Baru

Berikut daftar 4 KAJJ yang akan melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni 2023 : 

1. KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 06.46 WIB 
2. KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 09.06 WIB 
3. KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat Jatinegara Pkl 16.56 WIB 
4. KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 18.46 WIB 

Adapun ke empat KAJJ yang berhenti melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut merupakan KA dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir. Sehingga melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara diharapkan para pelanggan KA khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat.

Eva juga mengatakan, jelang libur panjang pada 1 Juni 2023 hingga 4 Juni 2023, jumlah penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan hampir dua kalu lipat.

Dijelaskan, jumlah tiket yang sudah dipesan untuk keberangkatan pada hari Rabu (31/5) dan Kamis (1/6) mencapai sekitar 28.500 per hari, jumlah tersebut meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari yang sama dengan rata - rata per hari sekitar 14.000 penumpang untuk hari Rabu dan Kamis pada waktu normal. 

"Jelang libur nasional, jumlah penumpang KA jarak jauh dari Gambir dan Pasar Senen meningkat, Daop 1 Jakarta himbau penumpang perhatikan perubahan jadwal baru yang mulai berlaku 1 Juni 2023," ujar Eva dalam keterangan resminya Rabu.(fhm)