Moment Libur Panjang, 99 Ribu Penumpang KA Berangkat dari Gambir dan Pasar Senen

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 01/Jun/2023 13:52 WIB
Foto:Ilustrasi penumpang kereta api. (Dok.Humas KAI) Foto:Ilustrasi penumpang kereta api. (Dok.Humas KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami lonjakan pada hari libur nasional pada, Kamis, 1 Juni 2023 ini yang diikuti dengan cuti bersama di moment akhir pekan.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan ada sekitar 99 ribu tiket dipesan untuk periode keberangkatan 31 Mei s.d 4 Juni 2023.

Baca Juga:
Kereta Api Siantar Ekspress Anjlok, Perjalanan Penumpang Terganggu

"Jumlah penumpang berangkat pada moment libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang dihari biasa," ujar Eva, Kamis (1/6/2023).

Berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari ini Kamis 1 Juni 2023, total terdapat sekitar 32 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Dari jumlah tersebut 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir.

Baca Juga:
Kejahatan Penembakan di Kereta Bawah Tanah New York Tewaskan 1 Orang, 5 Luka

Seluruh pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir dihimbau agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya. Mulai Kamis 1 Juni 2023 Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta. 

"Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, diantaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen," terang Eva.(fhm)

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Berangkatkan Lebih Lebih 114.551 Penumpang Kereta Api