215 Personel Gabungan Amankan Gelaran Formula E Prix di Ancol

  • Oleh : Bondan

Sabtu, 03/Jun/2023 23:36 WIB
Formula E Prix 2023. Formula E Prix 2023.

JAKARTA (BeritaTrans.com) -- Balap mobil listrik bertajuk Formula E 2023 kembali digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu, 3 Juni 2023 dan 4 Juni 2023. Dalam rangka pengamanan kegiatan internasional tersebut polisi kerahkan turunkan ratusan personel selama dua hari.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan ada sebanyak 215 personel gabungan dikerahkan selama Formula E 2023 berlangsung.

“215 Personel gabungan diturunkan untuk pengamanan Formula E Jakarta,” ujar Gidion, Sabtu (3/6/2023).

Lebih lanjut Gidion mengatakan, para personel akan ditempatkan di beberapa titik.

“Jadi mereka nanti ditentukan posisinya ada di mana, kemudian berbuat apa sesuai dengan tugas masing-masing,” ujar dia.

Gidion menyebut, penjagaan terbagi tiga yaitu Hailai Ancol, Jakarta International Stadium (JIS), dan Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kepadatan sejumlah rekayasa lalu lintas juga sudah disiapkan, diantaranya apabila terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Lodan Raya dan Jalan R.E.Martadinata, kendaraan besar dari arah Pluit diarahkan masuk ke Pintu Tol Gedong Panjang 2 dan keluar di Pintu Tol Kebon Bawang, Jalan Yos Sudarso.

Namun rekayasa lalu lintas ini sifatnya situasional, artinya baru akan diterapkan jika kepadatan lalu lintas sudah mengganggu arus.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” lanjutnya.

Selain pengalihan jalur, pengaturan lokasi parkir yang dibedakan berdasarkan kelas tiket juga diberlakukan.

Contohnya, pemilik tiket Premier Suite bisa memarkirkan kendaraannya di perumahan Coasta Villa Jalan Bukit Golf Raya dan lapangan Kobexindo yang tidak jauh dari Jakarta International E Prix Circuit (JIEC).

Berikut adalah rincian lokasi parkir yang disediakan di luar kawasan Ancol:

  • Pemilik tiket Royal Suite 1A disediakan fasilitas parkir di Jakarta International Stadium (JIS)
  • Pemilik tiket Deluxe Suite 1B dan Corporate Suites disediakan fasilitas parkir di Hailai Ancol
  • Pemilik tiket VIP, Grandstand 2A-21 dan Sirkuit Festival disediakan fasilitas parkir di JIExpo Kemayoran

Penonton E-Prix 2023 tetap bisa memarkirkan kendaraan di kawasan Symphony of The Sea secara terbatas, pihak pengelola kawasan juga akan menyediakan shuttle bus menuju sirkuit. (Dan)