Sibuk Banget Ni Stasiun Manggarai Senin Pagi, Penumpang KRL Banyak Transit hingga Akses Tangga Padat

  • Oleh : Fahmi

Senin, 05/Jun/2023 09:15 WIB
Penumpang ramai di Stasiun Manggarai pada Senin (5/6/2023) pagi. Penumpang ramai di Stasiun Manggarai pada Senin (5/6/2023) pagi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Stasiun Manggarai dipenuhi penumpang KRL Commuterline yang hendak transit pada Senin (5/6/2023) pagi.

Terlihat saat rangkaian tiba banyak penumpang turun dan mengakses tangga untuk berganti rangkaian. Diketahui stasiun ini merupakan stasiun transit ke arah Bogor/Depok-Manggarai-JakartaKota, Cikarang/Bekasi-Manggarai-Kampung Bandan/Duri. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.ida pada pagi ini, terlihat banyak penumpang dari Bogor yang akan mengarah ke Kampung Bandan melakukan transit di stasiun ini. Juga penumpang dari arah Bekasi akan mengarah ke JakartaKota juga berganti rangkaian di stasiun ini. Terlihat juga penumpang yang mengakhiri perjalanan di Stasiun Manggarai ini.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Petugas banyak berjaga pada hari sibuk di jam yang padat pengguna KRL ini. Penumpang transit perlu mengakses tangga, eskalator atau lift untuk dapat menuju ke rangakain di peron lain. 

Kepadatan bukan hanya terjadi saat penumpang turun dari rangkaian untuk menuju ke peron lain. Kepadatan juga terjadi pada rangkaian yang telah diisi oleh penumpang transit. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Pada hari sibuk ini penumpang KRL didominasi oleh penumpang harian yang biasa mengakses KRL untuk bermobilisasi. Angkutan yang murah dan cepat menjadi pilihan warga Jabodetabek.

Pada hari sibuk ini merupakan hari aktifnya kembali setelah libur panjang. Penerapan Pemberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai terlihat dan dapat sirasakan efektivitasnya pada saat penumpang padat seperti hari Senin di pagi hari ini.

Perjalanan Kereta Api saat penerapan sejak 1 Nuni 2023, sejak penerapan Gapeka 2023 pertama sekali mengalami keterlambatan. 

KAI Commuter manyatakan telah melakukan berbagai evaluasi dan upaya dilakukan untuk dapat memperkecil kelambatan khususnya di jalur Cikarang - Bekasi dan Juga Bogor. 

"Untuk antisipasi pengguna transit di Stasiun Manggarai, KAI Commuter tetap menyiapkan 53 perjalanan feeder Manggarai-Angke/Kampung Bandan per hari dimana terdapat 16 perjalanan pada jam sibuk Pagi (06.00-09.00 WIB) dan jam sibuk sore (16.00 – 20.00 WIB)," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Ahad (5/6/2023).

KAI Commutermengoperasikan perjalanan Commuter Line Jakabodetabek sebanyak 1.133 perjalanan dengan 98 rangkaian tambahan tiap harinya. 

"Perjalanan tersebut terdiri dari 420 perjalanan Commuter Line Bogor, 282 perjalanan Commuter Line Cikarang, 221 perjalanan Commuter Rangkasbitung, 124 perjalanan Commuter Line Tangerang, dan 86 perjalanan Commuter Line Tanjungpriok," kata Anne.

Dikatakan Anne, penyesuaian Gapeka 2023 ini juga berlaku untuk semua keberangkatan KA baik Commuter Line, KA Jarak Jauh dan perjalanan KA Angkutan Barang. Berbagai penyesuaian dalam operasional perjalanan kereta dilakukan mengingat adanya perubahan jadwal pemberangkatan, penyesuaian kecepatan, perlayanan relasi perjalanan.

"KAI Commuter terus mengingatkan dan menyosialisasikan terkait penyesuaian perjalanan jadwal perjalanan Commuter line sesuai dengan Gapkea yang berlaku saat ini," kata Anne.

KAI Commuter juga mengimbau para pengguna untuk menyesuaikan keberangkatannya dengan jadwal keberangkatan yang baru. (Fhm)