Gerbong Panoramic Argo Parahyangan Meluncur Setiap Hari, Ini Jadwalnya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 07/Jun/2023 14:04 WIB
Gerbong Panoramik. (Ist) Gerbong Panoramik. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta Panoramic Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP) akan berjalan setiap hari. Jadwal ini berlaku mulai 3 Juni 2023 kemarin.

Humas PT Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar menjelaskan Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Baca Juga:
Jadwal Kereta Cepat Whoosh Selasa 27 Februari, Relasi Jakarta-Tegalluar PP

"Untuk Rangkaian saat ini Kereta Panoramic ada 2 (dua) seat rangkaian dengan jumlah seat tempat duduk yang disediakan sebanyak kurang lebih 38 seat tempat duduk dari sebelumnya ada 46 seat tempat duduk," kata dia, Rabu (7/6/2023).

Dari aplikasi KAI Access, tiket untuk Kereta Panoramic Argo Parahyangan dibanderol Rp 400.000. Kemudian untuk Argo Wilis dibanderol Rp 1,2 juta.

Baca Juga:
Jadwal Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung PP untuk Kamis 15 Februari 2024

Ilud menambahkan selain berjalan setiap hari kereta Panoramic akan ada perjalanan di hari-hari weekend untuk relasi Bandung-Surabaya Gubeng (PP). Kereta Panoramic tersebut mulai berjalan di tanggal 16 Juni 2023 yang dirangkaikan perjalanan dengan kereta api Wilis dan kereta api Turangga.

Perubahan dan penambahan Jadwal perjalanan kereta Panoramic tersebut adalah upaya meningkatkan pelayanan dan permintaan para pelanggan setia kereta Panoramic serta adanya diberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAFEKA) baru,kata Ilud.

Baca Juga:
Jadwal Argo Parahyangan pada Februari Terdapat Pembatalan, Ini Kata KAI

Ilud menambahkan dalam setiap perjalanan para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi, dan juga menikmati fasilitas Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta serta Panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan.

"Ini karena Kereta Panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan," ujar dia.

Adapun jadwal perjalanan kereta api panoramic sebagai berikut:

a. Jadwal Perjalanan Kereta Panoramic setiap harinya sebagai berikut:

• KA Argo Parahyangan Panoramic (43 Pc) keberangkatan Bandung pukul 06.00 Wib dan tiba di Gambir Pukul 08.45 Wib.
• KA Argo Parahyangan Panoramic (44 Pc) keberangkatan Gambir pukul 09.30 Wib dan tiba di Bandung pukul 12:26 Wib.
• KA Argo Parahyangan Panoramic (45 Pc) keberangkatan Bandung pukul 16.10 Wib dan tiba di Gambir pukul 18.56 Wib.
• KA Argo Parahyangan Panoramic (46 Pc) keberangkatan Gambir pukul 19.45 Wib dan tiba di Bandung pukul 22.30 Wib.

b.Selanjutnya untuk jadwal perjalanan Kereta Panoramic setiap hari weekend sebagai berikut:

• KA Argo Wilis Panoramic (6 Pc) keberangkatan Bandung pukul 07.40 Wib dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 17.35 Wib (Berjalan di hari Jumat)
• KA Turangga Panoramic (65 Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 20.00 Wib dan tiba di Bandung pukul 06.17 Wib (Berjalan di hari Jumat)
• KA Turangga Panoramic (66 Pc) Keberangkatan Bandung pukul 18.10 Wib dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 04.21 (Berjalan di hari Sabtu)
• KA Argo Wilis Panoramic (5 Pc) Keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 08.15 Wib dan tiba di Bandung pukul 18.08 Wib (Berjalan di hari Minggu).

Bagi Masyarakat dan Para Penumpang yang akan bepergian menggunakan Kereta Panoramic dapat melakukan pemesanan tiket KA kereta api Panoramic Argo Parahyangan dan Kereta Api Panoramic Argo Wilis serta Kereta Api Panoramic Turangga dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Sedangkan untuk pemesanan atau pola Charter atau sewa dapat menghubungi Miss Veronika di Nomor +62811 1220 7206, Miss Annisa +62 811 1220 7207 dan Mr Tiko +62811 1220 7209.